Jumat, 15 Juni 2012

Genus bulan ini : Cattleya, "Queen of the orchids"

Sahabat anggrek-ist, kali ini anggrek-ist akan menampilkan genus Cattleya yang terkenal memiliki bunga yang besar dan cantik. "Queen of the orchids" atau "Ratu anggrek", begitulah julukan  untuk genus ini. Merupakan salah satu genus dalam family orchidaceae yang beranggotakan sekitar 53 species.  Genus Cattleya tersebar hampir di seluruh wilayah Amerika Selatan (tropis). Nama Cattleya diberikan oleh John Lindley, seorang botanist pada tahun 1824 setelah Sir William Cattley berhasil membudidayakan secimen Cattleya labiata yang tanpa sengaja digunakan sebagi kemasan materi dalam pengiriman anggrek lainnya.

Cattleya merupakan tanaman anggrek yang hidup secara epifit. Biasa ditemukan menempel pada cabang pohon yang tinggi di hutan basah dan lembab pada ketinggian 0 sampai 1.500 meter dari permjukaan laut. Karakteristiknya ditandai oleh pseoudobulb yang khas berbentuk silinder dan padat dengan satu atau dua daun yang tebal . Sebagian besar bunga Cattleya berukuran besar,  cantik dan megah memikat dengan warna-warni yang mencolok. Diantaranya bahkan ada yangg mampu menghasilkan bunga dengan ukuran 20 cm. Sunggguh menakjubkan.  Tak heran jika ia dinobatkan sebagai "Ratunya anggrek". Beberapa negara di Amerika selatan seperti Colombia, Brazil dan Costarica bahkan menggunakan Cattleya sebagai bunga nasional negara mereka (lihat posting bulan oktober 2011). Cattleya juga merupakan salah satu genus yang banyak dijadikan indukan dalam proses hybridisasi baik inter genus maupun dengan genus lainnya.

Cattleya tidak menyukai sinar matahari langsung sepanjang hari, namun mereka membutuhkan sinar matahari langsung dipagi hari selama 4 - 5 jam sehari, atau sinar terang sehari penuh. Cattleya akan rajin berbunga pada lingkungan yang bertemperatur 15 -35 derajat Celcius, membutuhkan penyiraman yang teratur namun juga memerlukan waktu kering beberapa saat sebelum disiram kembali. Ia juga membutuhkan sirkulasi udara yang baik serta pemupukan agar dapat memaksimalkan pertumbuhannya.

Berikut sebagian species dari genus Cattleya, selamat menikmati kecantikan dan kemegahannya...

Cattleya forbessi
Cattleya granulosa
Cattleya maxima

Cattleya skinneri
  
Cattleya walkeriana
Cattleya rex
Cattleya schilleriana
Cattleya amethystoglossa
Cattleya bowringia
Cattleya dormaniana
Cattleya dowiana
Cattleya guatemalensis
Cattleya labiata
Cattleya bicolor
Cattleya hardyana
Cattleya leuddemaniana
Cattleya aurea
Cattleya intermedia
Cattleya guttata
Cattleya mossiae
Cattleya warscewiczii
Cattleya quadricolor
Cattleya trianae




Foto atas kiri : Koleksi pribadi
Foto-foto bawah : www.orchidspecies.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.