Selasa, 17 Juli 2012

Genus bulan ini: Cymbidium, "Si anggrek pandan"

Sahabat anggrek-ist, kali ini anggrek-ist akan membahas mengenai genus Cymbidium. Cymbidium adalah salah satu genus dalam keluarga orchidaceae yang beranggotakan sekitar 50 species. Nama Cymbidium berasal dari bahasa latin Cumbos yang berarti  lubang atau rongga. Genus ini banyak di temukan di Asia dan Kepulauan pasifik. 

Genus Cymbidium dapat  hidup secara epifit, namun adapula yang hidup secara litofit maupun terestrial, bahkan adapula yang hidup secara saprofit. Genus ini terbagi dalam tiga kelompok dasar.
Kelompok pertama adalah spesies berbunga besar yang ditemukan di Himalaya dan  Cina pada daerah yang sangat tinggi. Kelompok ini memerlukan periode dengan kondisi udara yang sangat dingin untuk memacu terbentuknya bunga.

Kelompok kedua adalah species yang tumbuh di daerah sejuk sepanjang tahun, dengan temperatur sedang. Kelompok ini tidak memerlukan periode dingin untuk memacu munculnya bunga.  Bunga kelompok kedua ini lebih kecil dan biasanya hidup secara terestrial. Dapat ditemukan di Himalaya , China dan Jepang.

Sedang kelompok ketiga dan terakhir adalah species yang hidup didaerah tropis  yang hangat. Tanaman berkembang yang membutuhkan tempratur yang hangat sepanjang tahun. Kelompok ini juga tidak memerlukan kondisi udara yang sangat dingin untuk dapat berbunga. Bunga-bunga dari kelompok ini biasanya berbentuk liontin yang panjang atau menjuntai sehingga biasanya ditanam didalam pot yang digantung.

Daun cymbidium berbentuk panjang, sempit dan banyak. Akarnya mengkilat dan bunganya banyak . Beberapa tanaman cymbidium memiliki bentuk yang sekilas mnyerupai sosok tanaman pandan. Karenanya di beberapa daerah di Indonesia anggrek ini diberi julukan "anggrek pandan" atau "lau pandan". Bunga-bunganya memiliki warna yang sangat indah, tegas, banyak, dan dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama. Hingga sebagian orang ada yang menjulukinya sebagai "King of the orchid". Berikut beberapa species Cymbidium, selamat menikmati pesonanya...

Cymbidium aloifolium

Cymbidium findlaysonianum

Cymbidium bicolor

Cymbidium lowianum

Cymbidium eburneum

Cymbidium roseum

Cymbidium dayanum

Cymbidium elegans

Cymbidium gaoligongense

Cymbidium hartinahianum

Cymbidium hookeriana

Cymbidium mastersianum

Cymbidium sanderae

Cymbidium sichuanicum

Cymbidium withei

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.