Senin, 18 Februari 2013

Anggrek berbunga putih : Aerangis biloba



















Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Asparagales
Famili : Orchidaceae
Sub Famili : Epidendroideae
Tribe : Vandeae
Sub Tribe : Aerangiinae
Genus : Aerangis
Species : Aerangis biloba
Binomial name : Aerangis biloba [Lindley] Schlechter 1915

Sahabat anggrek-ist, anggrek yang satu ini benar-benar putih polos. Seputih dan sepolos awan di langit, namun tetap tampak anggun bersahaja. Anggrek putih nan anggun ini memiliki nama latin Aerangis biloba. Tanaman anggrek ini termasuk berukuran kecil.  Merupakan tanaman epifit wilayah panas di hutan-hutan dan perkebunan kopi dan coklat pada daerah beriklim sedang di Afrika bagian barat, dari Senegal sampai Kamerun yang tumbuh pada  ketinggian 700 m dari permukaan laut.

Tangkai bunga sepanjang 25 - 95 cm, tegak atau menjuntai dan dapat membawa 2 sampai lebih dari 30 kuntum bunga putih berukuran 2 sampai 4 cm yang harum , berlilin dan tahan lama. Species ini cocok ditamam di pot dengan media yang dapat menahan kelembaban pada tempat yang teduh dan lembab.

Sinonim Aerangis campyloplectron (Rchb.f.) Garay 1972; Angorchis biloba (Lindl.) Kuntze 1891; Angorchis campyloplectron (Rchb.f.) Kuntze 1891; Angraecum apiculatum Hooker 1.845; * Angraecum bilobum Lindley 1.840, Angraecum Rchb.f. campyloplectron 1.855, Rhaphidorhynchus bilobus (Lindl.) Finet 1.907


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.