Senin, 19 Desember 2011

Tips : Rahasia merawat anggrek


Anda mungkin termasuk orang yang sering bertanya : Kenapa ya anggrekku jarang berbunga ? Atau anggrekku hanya berbunga satu kali saat dibeli, setelah itu tak pernah lagi, kenapa ya ?
Gimana sih merawat anggrek agar selalu berbunga ? dan akhirnya berkata : Ah, merawat anggrek itu sulit..

Nah mungkin beberapa hal berikut ini akan membuat anda sedikit memahami kenapa hal tersebut terjadi.

Hal yang harus diketahui dari tanaman anggrek :

1. Anggrek adalah tanaman yang termasuk lambat pertumbuhannya dan menyukai perlakuan rutin. Jadi untuk dapat merawat dan membungakan anggrek , modal pertama anda adalah sabar dan disiplin. Selanjutnya ikuti tahapan pencapaian dalam merawat anggrek. Jika anda serius ingin memelihara anggrek, Tahapan pertama yang harus anda capai adalah :
-Membuat anggrek tetap hidup.
Jangan terburu-buru menginginkan anggrek anda berbunga, rawat ia agar ia tetap hidup, dan betah ditempat tinggal barunya. Siram dan pupuk secara rutin, serta tempatkan di tempat yang sesuai. Pupuk yang sesuai adalah yang mengandung kadar Nitrogen (N) yang tinggi. Perhatikan jangan sampai ada jamur atau bekteri yang menyerang. Jika anggrek anda sakit, maka anda harus siap mengobatinya sampai sembuh. Jika ini tercapai, baru menuju pada tahapan berikutnya.
- Membuat anggrek mengalami pertumbuhan dengan baik
Jika dirawat dengan baik dan disiplin, maka anggrek akan mengalami pertumbuhan. Berbahagialah jika anggrek yang anda tanam dapat bertambah akarnya, menumbuhkan tunas baru, dan daun serta batangnya semakin besar. Anda dapat membantu pertumbuhannya dengan memberikan pupuk berkadar rata ( NPK rata ). Jika anggrek anda tumbuh sehat, berarti tahapan kedua sudah tercapai, dan barulah bersiap ke tahap selanjutnya.
- Membuat anggrek dapat berbunga.
Anggrek yang terawat pada waktunya akan mempersembahkan bunga. Untuk mempercepat proses ini anda dapat memberi tambahan pupuk dengan kadar Pospor (P) yang tinggi. Dan atau merangsang keluarnya bunga dengan hormon tertentu.
Setiap tahapan memerlukan waktu yang tidak sebentar. Karena itu, jangan mudah putus asa. Agar anda tidak kecewa, buatlah target setiap tahapan adalah satu tahun, sehingga anda baru akan menikmati keindahan bunga anggrek setelah 3 tahun merawatnya dengan baik. Apa anda siap ? Nah, kalau anda beruntung, setiap tahapan bisa lebih singkat atau jauh lebih singkat dari targetnya.

2. Anggrek adalah tanaman yang membutuhkan penyesuaian tempat hidup. Untuk itu, anda harus mengenalnya terlebih dahulu. Anggrek apa yang ingin anda rawat, Species (anggrek alam) ataukah Hybrid (silangan)? Apa jenisnya, dendrobium, phalaenopsis,vanda, bulbophyllym atau yang lainnya ? Anggrek hybrid memerlukan perawatan yang lebih rutin dan nutrisi tambahan yang lebih banyak dibandingkan anggrek alam. Sedang anggrek jenis dendrobium lebih menyukai pupuk non organik (kimia), sementara jenis phalaenopsis cenderung menyukai pupuk organik. Bulbuphylllum tidak menyukai panas, sebaliknya dendrobium lebih tahan panas. Dengan mengetahui jenis anggrek maka anda akan dapat mengkondisikan tempat tumbuh dan perawatannya, sehingga anggrek dapat berkembang secara optimal.

3. Anggrek hybrid yang anda beli dalam wujud sudah berbunga, membutuhkan penyesuaian yang lebih lama untuk dapat berbunga kembali. Hal ini dikarenakan perbedaan cara perawatan yang anda berikan dengan perawatan yang ia terima dari nursery atau pemilik sebelumnya (ingat: anggrek suka perlakuan rutin). Jika perawatan ini jauh berbeda (misalnya : sebelumnya ia dipupuk 2 kali seminggu dengan rutin, sementara anda tak pernah memupuknya), maka anggrek juga bisa "ngambek", alhasil ia tak mau berbunga lagi. Ia akan menyesuaikan diri dulu dengan tempat tinggalnya yang baru dan cara perawatan anda, dan waktu penyesuaian ini bisa berbulan-bulan bahkan bertahun tahun. Berbeda halnya jika anda membeli anggrek dalam kondisi masih bayi dan anda rawat sampai dewasa (kurang lebih 1,5 tahun). ia akan terbiasa dengan perawatan yang anda berikan secara rutin dan akan berbunga pada masanya. Atau jika anda membeli anggrek species/ alam yang belum berbunga. Di hutan ia tak pernah di pupuk, maka sepanjang anda mengkondisikan tempat tumbuhnya mirip habitat aslinya, maka saat berbunga tiba ia dengan senang hati akan mengeluarkan kuntum-kuntum bunganya, apalagi jika anda juga rutin memberi tambahan pupuk organik, maka bunganya akan lebih banyak dan besar.

4. Anggrek lebih tahan kekeringan dari pada terlalu basah. Karena itu jangan terlalu sering menyiram anggrek, cukup 1 - 2 kali sehari, jika cuaca terang. Jika mendung dan kemungkinan hujan sebaiknya jangan disiram. Terutama untuk anggrek yang anda tempatkan di dalam pot. Lingkungan yang terlalu basah membuat akar-akar muda dan tunas muda anggrek menjadi busuk. Lingkungan yang telalu lembab juga membuat jamur dan bakteri mudah berkembang.

5. Perhatikan kelembaban, sirkulasi udara dan temperatur tempat anda menanam anggrek. Kelembaban yang cukup serta sirkulasi udara yang baik dan termperatur yang sesuai akan membuat anggrek betah tinggal disana. Ia akan berkembang dengan baik, ditandai dengan pertambahan akar, daun yang membesar dan batang yang semakin gemuk.

6. Ada cara murah untuk memupuk anggrek. Jika anda tak mau membeli pupuk atau vit B1 anda dapat menggantinya dengan air bekas cucian beras, air bekas cucian daging / ikan. Tapi ingat jangan menyiramkannya pada saat musim hujan yang menyebabkannya menjadi media pertumbuhan penyakit, cukup anda semprotkan saja disekitar batang, akar dan daun agar cepat mengering. Jika anggrek sudah dewasa dan pertumbuhannya sehat anda dapat menyemprotkan air kelapa dan air vetsin/ MSG untuk merangsang keluarnya spike /kuntum bunga. Tapi ingat, harus sabar ya.. Pengaruh pupuk organik lebih lama (sekitar 3 bulan) dibandingkan dengan pupuk kimia (sekitar 1 bulan).

7. Beberapa hal berikut disinyalir dapat membantu pertumbuhan anggrek menjadi optimal:
- Cintai dan ajak anggrek anda bicara, seperti anda berbicara pada sahabat, baik bicara secara langsung maupun lewat hati. Anggrek adalah makhluk hidup, ia akan merespon setiap perlakuan yang anda berikan padanya.
- Jangan sering memindahkan anggrek dari satu tempat ke tempat lain. Anggrek seperti juga makhluk hidup yang lain bisa menjadi "stress" jika tempat tinggalnya diganggu. Dan itu akan membuatnya ngambek.
-Tempat yang cenderung sepi , teduh dan terdengar kicau burung diyakini sebagai tempat yang terbaik unutk memelihara anggrek, terutama anggrek species (alam).

8. Memelihara anggrek adalah siap mengalami suka dan duka dalam merawat, membesarkan dan membungakannya. Kadang kala ada anggrek yang sakit, kemudian mati. Yang hancur bunganya karena terguyur air hujan, yang tanpa sengaja tangkai bunganya patah tersenggol atau dipetik tangan-tangan kecil atau jahil.. Anggaplah itu semua romantika kita bersama anggrek, jadikan pelajaran untuk perawatan lebih baik ke depannya. Kadang kegagalan menjadi jalan mendapatkan ilmu yang lebih banyak . Berpikir positif dan jangan putus asa...

Jadi, cintailah dan perlakukan anggrek anda sebaik-baiknya dengan perawatan yang rutin dan disiplin, kemudian sabar dan tawakkal. Suatu hari ia akan mempersembahkan keindahan bunganya kehadapan anda. Dan itu merupakan kepuasan bathin yang tak dapat dibeli. Selamat merawat anggrek ....

30 komentar:

  1. Terimakasih banyak atas infonya, terutama point 7 yang nggak biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga atas komentarnya.Semoga tulisan diatas bermanfaat bagi sahabat. Sering-sering mampir ya...

      Hapus
    2. Kalau untuk penyiraman apakah ada perlakuan khusus? misalnya apakah dengan air PAM dengan air tanah? bagaimana cara menetralisis air PAM yg terlalu banyak kaporitnya?

      Hapus
    3. Untuk penyiraman sebaiknya menggunakan air tanah / sumur karena mengandung mineral yang dibutuhkan tanaman, namun jika tidak tersedia dapat digunakan air hujan atau air dari PAM. Untuk menetralisir kebasaan dalam air PAM,dalam skala kecil cukup diendapkan beberapa hari baru digunakan menyiram, namun untuk skala besar (pengusaha anggrek) biasanya dinetralisir menggunakan beberapa ml HCl (asam klorida).

      Hapus
    4. Air pam biasa mengandung kaporit atau tepatnya chlorine yg berbahaya bagi microorganisme yg baik. Untuk mentralkan dipakai sodiumthiosulphate yang banyak dijual di toko ikan hias/akuarium. Sebut saja cairan untuk menetralkan kaporit.

      Hapus
    5. Air pam biasa mengandung kaporit atau tepatnya chlorine yg berbahaya bagi microorganisme yg baik. Untuk mentralkan dipakai sodiumthiosulphate yang banyak dijual di toko ikan hias/akuarium. Sebut saja cairan untuk menetralkan kaporit.

      Hapus
  2. terima kasih tipsnya oke banget gan untuk merawat anggrek. semoga terus menginspirasi bagi kita penyuka anggrek. sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Terima kasih juga sudah mampir di sini. Jangan lupa untuk mampir tiap bulan ya...

      Hapus
  3. maturnuwun infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami-sami...Semoga bermanfaat.

      Hapus
  4. makasih mas infonya..saya mau nanya..saya memelihara anggrek di dalam ruang kamar kost tetapi tetap sirkulasi udara selalu terbuka karena di gantung pas dekat jendela..dan jendela kamar tidak pernah ditutup siang malam karna di lantai2 jadi aman..dan udara bersih selalu ada..pertanyaannya apa sinar lampu kamar dimalam hari juga berpengaruh terhadap perkembangan anggrek saya? terus di pot anggrek saya ada sedikit semut bersarang apa itu ga apa2 mas? terus penyiramannya pake sprey kira2 cocok berapa kali sehari/perminggu karna mungkin pengaruh suhu kamar walaupun sirkulasi udara tetap ada? tlg pendapatnya ya mas Eza, saya baru mulai menanam anggrek n pengen lebih dalam mengenal cara merawat tanaman indah yang memenangkan tersebut.. makasih banyak mas edy..Benny kalimantan timur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya terima kasih sudah mampir di "Anggrek-ist".Untuk anggrek yang dipelihara di ruang kamar kost, sepanjang faktor2 yang dibutuhkan (cahaya, sirkulasi, penyiraman, pemupukan (baca jendela : Faktor2...) terpenuhi maka anggrek akan dapat tumbuh dengan baik. Memang ada teori yang mengatakan bahwa fotoperiodisitas (lama penyinaran) memiliki pengaruh menghambat pembungaan terutama pada anggrek cattleya dan dendrobium,namun saya kira pengaruhnya tidak terlalu signifikan bagi kita yang bukan memelihara anggrek untuk usaha. Buktinya anggrek yang saya pelihara di teras yang juga selalu disinari lampu pada malam hari tetap dapat berbunga dengan baik. Untuk semut yang ada di pot anggrek kalau banyak sebaiknya dihilangkan/ dibersihkan (siram seluruh pot dengan air yang cukup banyak, atau ketuk2an pot dilantai sampai semut keluar). Penyiraman dengan sprey dapat dilakukan 2 sampai 3 kali sehari dengan catatan akar , batang dan daun terkena semprotan. Jangan lupa di pupuk dan sekedar "menyapa"nya setiap hari. Anggrek (hybrid)secara umum dapat berbunga 2 samapi 3 kali setahun,sedang anggrek alam (istilah "salah kaprah"nya "species")biasanya hanya berbunga jika musim berbunga telah tiba.Jadi sabarlah untuk merawat dan menunggunya berbunga.Dan yakinlah bahwa anggrek yang anda rawat suatu saat akan mempersembahkan bunganya .Semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. terimakasih banyak mas eza atas informasinya..infonya sangat bermanfaat mas..saya jadi lebih paham cara merawat anggrek..

      Hapus
  5. Terimakasih infonya. Kebetulan saya punya masalah pertumbuhan yg lambat bagi bayi-bayi anggrek dendrobium. Setelah pemijahan dari ukuran 2-3 cm, kini baru 5-10 cm saja setelah 6 bulan. Semua ditempel di pohon sawo. Sesuai info saya akan coba beri pupuk kimia NPK 30-10-10

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali. Untuk tanaman anggrek yang berumur 4 sampai 6 bulan memiliki ukuran 5 - 10 cm sudah baik karena anggrek pada masa itu memang lambat pertumbuhannya. Selanjutnya tanaman akan mengalami perumbuhan yang lebih cepat, pada masa ini dapat diberi tambahan pupuk NPK rata 20 : 20: 20 hingga dewasa. Selamat ya..karena dapat mempertahankan hidup bayi-bayi anggrek diperlukan ketekunan dan disiplin yang baik..

      Hapus
  6. yth. Mas Eza,
    Saya baru beli anggrek cattleya bbrp bulan lalu, saya tanam di pot tanah dgn media pakis cacah dan saya taruh di bawah pohon di halaman, saat musim kemarau anggrek tsb dpt tumbuh subur dan banyak tunas baru tp di musim hujan seperti skrg saya lihat kok daun-daun, batang, tunas dan akarnya ada bercak-bercak coklat yang makin lama makin melebar dan akhirnya busuk. Apakah anggrek tsb kena jamur atau virus ya Mas? Saya coba obati dengan menyemprotkan obat merk amistar top 2 x seminggu. Benar gak ya cara saya?
    Terima kasih atas jawabannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah memberi komentar. Pada musim hujan aktivitas bakteri dan jamur akan meningkat karena kelembaban yang tinggi. Sepertinya anggrek anda terserang jamur (baca ;jendela , agustus 2012).Bedanya anggrek yang terkena serangan bakteri biasanya bagian yang terserang menjadi busuk dan mengeluarkan bau tak sedap, sedang serangan jamur tidak menimbulkan bau. Jika terserang jamur, Anda dapat mengobatinya dengan fungisida. Jika obat yang anda beli adalah fungisida, teruskan pengobatan dan jangan banyak terkena air selama pengobatan. Jika serangan terhenti (bercak tidak tambah lebar),kemungkinan anggrek masih bisa diselamatkan. Sebaiknya lakukan pencegahan dengan memberikan fungisida pada anggrek2 lainnya. Semoga bermanfaat

      Hapus
  7. sip..sip..keren banget tipsnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Semoga bermanfaat. Jangan lupa mampir tiap bulan ya...

      Hapus
  8. Bagus banget tips nya
    Ohh ya saya mau tanya cara buat pupuk sendiri agar anggrek rajin berbunga dan bunganya tahan lama
    Makasi

    BalasHapus
  9. Bagus banget tips nya
    Ohh ya saya mau tanya cara buat pupuk sendiri agar anggrek rajin berbunga dan bunganya tahan lama
    Makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas komentarnya. Pupuk organik yang bisa digunakan untuk anggrek biasanya adalah air kelapa (kira-kira perbandingan 1 : 10)karena mengandung hormon giberilin (baca: jendela edisi okt 2012)yang dapat merangsang pembungaan, air bekas cucian beras (mengandung vit B1) atau air bekas cucian daging, ikan, ayam (diendapkan terlebih dahulu), perbandingan 1 : 10 - 20 (mengandung mineral yang dibutuhkan anggrek).
      Untuk ketahanan bunga, bagi setiap anggrek species berbeda-beda (dari yang hanya mekar beberapa jam saja sampai yang mampu mekar berbulan-bulan). Untuk anggrek hybrid Dendrobium dan Phalaenopsis umumnya dapat tahan sekitar 2 - 6 minggu. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  10. Thanks buat infonya ini kami lagi mau coba menanam angrek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama.. Selamat mencoba menanam anggrek dan semoga sukses. Jangan lupa mampir tiap bulan ya..

      Hapus
  11. bagaimana cara perlakuan ZPT seperti Paclobutrazol ke ANggrek? katanya juga kita bisa menggunakan kuning/putih telur yg bisa kita gunakan untuk pengganti Paclobutrazol itu..

    BalasHapus
  12. mas saya mau tanya saya baru membeli anggrek vanda hybrid awalnya sehat waktu pertama saya beli tapi setelah seminggu di rumah saya kliatan layu dan daun2nya seperti mengkerut.....apa ini tanda kurang air ato terlalu banyak air? makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masalah vandaku (Vanda Tricolor)... udah aku tanam 2 tahun & subur, daunnya lebat.. tapi gak mau bunga..... hix.. delima? ada solusi???

      Hapus
  13. Baru ketemu blog yg sesuai...Tipsnya praktis, jitu, dan responsif utk seua pertanyaan... trima kasih banyak... salut (y)

    BalasHapus

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.