Senin, 19 Desember 2011

Tips : Rahasia merawat anggrek


Anda mungkin termasuk orang yang sering bertanya : Kenapa ya anggrekku jarang berbunga ? Atau anggrekku hanya berbunga satu kali saat dibeli, setelah itu tak pernah lagi, kenapa ya ?
Gimana sih merawat anggrek agar selalu berbunga ? dan akhirnya berkata : Ah, merawat anggrek itu sulit..

Nah mungkin beberapa hal berikut ini akan membuat anda sedikit memahami kenapa hal tersebut terjadi.

Hal yang harus diketahui dari tanaman anggrek :

1. Anggrek adalah tanaman yang termasuk lambat pertumbuhannya dan menyukai perlakuan rutin. Jadi untuk dapat merawat dan membungakan anggrek , modal pertama anda adalah sabar dan disiplin. Selanjutnya ikuti tahapan pencapaian dalam merawat anggrek. Jika anda serius ingin memelihara anggrek, Tahapan pertama yang harus anda capai adalah :
-Membuat anggrek tetap hidup.
Jangan terburu-buru menginginkan anggrek anda berbunga, rawat ia agar ia tetap hidup, dan betah ditempat tinggal barunya. Siram dan pupuk secara rutin, serta tempatkan di tempat yang sesuai. Pupuk yang sesuai adalah yang mengandung kadar Nitrogen (N) yang tinggi. Perhatikan jangan sampai ada jamur atau bekteri yang menyerang. Jika anggrek anda sakit, maka anda harus siap mengobatinya sampai sembuh. Jika ini tercapai, baru menuju pada tahapan berikutnya.
- Membuat anggrek mengalami pertumbuhan dengan baik
Jika dirawat dengan baik dan disiplin, maka anggrek akan mengalami pertumbuhan. Berbahagialah jika anggrek yang anda tanam dapat bertambah akarnya, menumbuhkan tunas baru, dan daun serta batangnya semakin besar. Anda dapat membantu pertumbuhannya dengan memberikan pupuk berkadar rata ( NPK rata ). Jika anggrek anda tumbuh sehat, berarti tahapan kedua sudah tercapai, dan barulah bersiap ke tahap selanjutnya.
- Membuat anggrek dapat berbunga.
Anggrek yang terawat pada waktunya akan mempersembahkan bunga. Untuk mempercepat proses ini anda dapat memberi tambahan pupuk dengan kadar Pospor (P) yang tinggi. Dan atau merangsang keluarnya bunga dengan hormon tertentu.
Setiap tahapan memerlukan waktu yang tidak sebentar. Karena itu, jangan mudah putus asa. Agar anda tidak kecewa, buatlah target setiap tahapan adalah satu tahun, sehingga anda baru akan menikmati keindahan bunga anggrek setelah 3 tahun merawatnya dengan baik. Apa anda siap ? Nah, kalau anda beruntung, setiap tahapan bisa lebih singkat atau jauh lebih singkat dari targetnya.

2. Anggrek adalah tanaman yang membutuhkan penyesuaian tempat hidup. Untuk itu, anda harus mengenalnya terlebih dahulu. Anggrek apa yang ingin anda rawat, Species (anggrek alam) ataukah Hybrid (silangan)? Apa jenisnya, dendrobium, phalaenopsis,vanda, bulbophyllym atau yang lainnya ? Anggrek hybrid memerlukan perawatan yang lebih rutin dan nutrisi tambahan yang lebih banyak dibandingkan anggrek alam. Sedang anggrek jenis dendrobium lebih menyukai pupuk non organik (kimia), sementara jenis phalaenopsis cenderung menyukai pupuk organik. Bulbuphylllum tidak menyukai panas, sebaliknya dendrobium lebih tahan panas. Dengan mengetahui jenis anggrek maka anda akan dapat mengkondisikan tempat tumbuh dan perawatannya, sehingga anggrek dapat berkembang secara optimal.

3. Anggrek hybrid yang anda beli dalam wujud sudah berbunga, membutuhkan penyesuaian yang lebih lama untuk dapat berbunga kembali. Hal ini dikarenakan perbedaan cara perawatan yang anda berikan dengan perawatan yang ia terima dari nursery atau pemilik sebelumnya (ingat: anggrek suka perlakuan rutin). Jika perawatan ini jauh berbeda (misalnya : sebelumnya ia dipupuk 2 kali seminggu dengan rutin, sementara anda tak pernah memupuknya), maka anggrek juga bisa "ngambek", alhasil ia tak mau berbunga lagi. Ia akan menyesuaikan diri dulu dengan tempat tinggalnya yang baru dan cara perawatan anda, dan waktu penyesuaian ini bisa berbulan-bulan bahkan bertahun tahun. Berbeda halnya jika anda membeli anggrek dalam kondisi masih bayi dan anda rawat sampai dewasa (kurang lebih 1,5 tahun). ia akan terbiasa dengan perawatan yang anda berikan secara rutin dan akan berbunga pada masanya. Atau jika anda membeli anggrek species/ alam yang belum berbunga. Di hutan ia tak pernah di pupuk, maka sepanjang anda mengkondisikan tempat tumbuhnya mirip habitat aslinya, maka saat berbunga tiba ia dengan senang hati akan mengeluarkan kuntum-kuntum bunganya, apalagi jika anda juga rutin memberi tambahan pupuk organik, maka bunganya akan lebih banyak dan besar.

4. Anggrek lebih tahan kekeringan dari pada terlalu basah. Karena itu jangan terlalu sering menyiram anggrek, cukup 1 - 2 kali sehari, jika cuaca terang. Jika mendung dan kemungkinan hujan sebaiknya jangan disiram. Terutama untuk anggrek yang anda tempatkan di dalam pot. Lingkungan yang terlalu basah membuat akar-akar muda dan tunas muda anggrek menjadi busuk. Lingkungan yang telalu lembab juga membuat jamur dan bakteri mudah berkembang.

5. Perhatikan kelembaban, sirkulasi udara dan temperatur tempat anda menanam anggrek. Kelembaban yang cukup serta sirkulasi udara yang baik dan termperatur yang sesuai akan membuat anggrek betah tinggal disana. Ia akan berkembang dengan baik, ditandai dengan pertambahan akar, daun yang membesar dan batang yang semakin gemuk.

6. Ada cara murah untuk memupuk anggrek. Jika anda tak mau membeli pupuk atau vit B1 anda dapat menggantinya dengan air bekas cucian beras, air bekas cucian daging / ikan. Tapi ingat jangan menyiramkannya pada saat musim hujan yang menyebabkannya menjadi media pertumbuhan penyakit, cukup anda semprotkan saja disekitar batang, akar dan daun agar cepat mengering. Jika anggrek sudah dewasa dan pertumbuhannya sehat anda dapat menyemprotkan air kelapa dan air vetsin/ MSG untuk merangsang keluarnya spike /kuntum bunga. Tapi ingat, harus sabar ya.. Pengaruh pupuk organik lebih lama (sekitar 3 bulan) dibandingkan dengan pupuk kimia (sekitar 1 bulan).

7. Beberapa hal berikut disinyalir dapat membantu pertumbuhan anggrek menjadi optimal:
- Cintai dan ajak anggrek anda bicara, seperti anda berbicara pada sahabat, baik bicara secara langsung maupun lewat hati. Anggrek adalah makhluk hidup, ia akan merespon setiap perlakuan yang anda berikan padanya.
- Jangan sering memindahkan anggrek dari satu tempat ke tempat lain. Anggrek seperti juga makhluk hidup yang lain bisa menjadi "stress" jika tempat tinggalnya diganggu. Dan itu akan membuatnya ngambek.
-Tempat yang cenderung sepi , teduh dan terdengar kicau burung diyakini sebagai tempat yang terbaik unutk memelihara anggrek, terutama anggrek species (alam).

8. Memelihara anggrek adalah siap mengalami suka dan duka dalam merawat, membesarkan dan membungakannya. Kadang kala ada anggrek yang sakit, kemudian mati. Yang hancur bunganya karena terguyur air hujan, yang tanpa sengaja tangkai bunganya patah tersenggol atau dipetik tangan-tangan kecil atau jahil.. Anggaplah itu semua romantika kita bersama anggrek, jadikan pelajaran untuk perawatan lebih baik ke depannya. Kadang kegagalan menjadi jalan mendapatkan ilmu yang lebih banyak . Berpikir positif dan jangan putus asa...

Jadi, cintailah dan perlakukan anggrek anda sebaik-baiknya dengan perawatan yang rutin dan disiplin, kemudian sabar dan tawakkal. Suatu hari ia akan mempersembahkan keindahan bunganya kehadapan anda. Dan itu merupakan kepuasan bathin yang tak dapat dibeli. Selamat merawat anggrek ....

97 komentar:

  1. Terimakasih banyak atas infonya, terutama point 7 yang nggak biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga atas komentarnya.Semoga tulisan diatas bermanfaat bagi sahabat. Sering-sering mampir ya...

      Hapus
    2. Kalau untuk penyiraman apakah ada perlakuan khusus? misalnya apakah dengan air PAM dengan air tanah? bagaimana cara menetralisis air PAM yg terlalu banyak kaporitnya?

      Hapus
    3. Untuk penyiraman sebaiknya menggunakan air tanah / sumur karena mengandung mineral yang dibutuhkan tanaman, namun jika tidak tersedia dapat digunakan air hujan atau air dari PAM. Untuk menetralisir kebasaan dalam air PAM,dalam skala kecil cukup diendapkan beberapa hari baru digunakan menyiram, namun untuk skala besar (pengusaha anggrek) biasanya dinetralisir menggunakan beberapa ml HCl (asam klorida).

      Hapus
    4. Air pam biasa mengandung kaporit atau tepatnya chlorine yg berbahaya bagi microorganisme yg baik. Untuk mentralkan dipakai sodiumthiosulphate yang banyak dijual di toko ikan hias/akuarium. Sebut saja cairan untuk menetralkan kaporit.

      Hapus
    5. Air pam biasa mengandung kaporit atau tepatnya chlorine yg berbahaya bagi microorganisme yg baik. Untuk mentralkan dipakai sodiumthiosulphate yang banyak dijual di toko ikan hias/akuarium. Sebut saja cairan untuk menetralkan kaporit.

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  2. terima kasih tipsnya oke banget gan untuk merawat anggrek. semoga terus menginspirasi bagi kita penyuka anggrek. sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Terima kasih juga sudah mampir di sini. Jangan lupa untuk mampir tiap bulan ya...

      Hapus
  3. maturnuwun infonya

    BalasHapus
  4. makasih mas infonya..saya mau nanya..saya memelihara anggrek di dalam ruang kamar kost tetapi tetap sirkulasi udara selalu terbuka karena di gantung pas dekat jendela..dan jendela kamar tidak pernah ditutup siang malam karna di lantai2 jadi aman..dan udara bersih selalu ada..pertanyaannya apa sinar lampu kamar dimalam hari juga berpengaruh terhadap perkembangan anggrek saya? terus di pot anggrek saya ada sedikit semut bersarang apa itu ga apa2 mas? terus penyiramannya pake sprey kira2 cocok berapa kali sehari/perminggu karna mungkin pengaruh suhu kamar walaupun sirkulasi udara tetap ada? tlg pendapatnya ya mas Eza, saya baru mulai menanam anggrek n pengen lebih dalam mengenal cara merawat tanaman indah yang memenangkan tersebut.. makasih banyak mas edy..Benny kalimantan timur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya terima kasih sudah mampir di "Anggrek-ist".Untuk anggrek yang dipelihara di ruang kamar kost, sepanjang faktor2 yang dibutuhkan (cahaya, sirkulasi, penyiraman, pemupukan (baca jendela : Faktor2...) terpenuhi maka anggrek akan dapat tumbuh dengan baik. Memang ada teori yang mengatakan bahwa fotoperiodisitas (lama penyinaran) memiliki pengaruh menghambat pembungaan terutama pada anggrek cattleya dan dendrobium,namun saya kira pengaruhnya tidak terlalu signifikan bagi kita yang bukan memelihara anggrek untuk usaha. Buktinya anggrek yang saya pelihara di teras yang juga selalu disinari lampu pada malam hari tetap dapat berbunga dengan baik. Untuk semut yang ada di pot anggrek kalau banyak sebaiknya dihilangkan/ dibersihkan (siram seluruh pot dengan air yang cukup banyak, atau ketuk2an pot dilantai sampai semut keluar). Penyiraman dengan sprey dapat dilakukan 2 sampai 3 kali sehari dengan catatan akar , batang dan daun terkena semprotan. Jangan lupa di pupuk dan sekedar "menyapa"nya setiap hari. Anggrek (hybrid)secara umum dapat berbunga 2 samapi 3 kali setahun,sedang anggrek alam (istilah "salah kaprah"nya "species")biasanya hanya berbunga jika musim berbunga telah tiba.Jadi sabarlah untuk merawat dan menunggunya berbunga.Dan yakinlah bahwa anggrek yang anda rawat suatu saat akan mempersembahkan bunganya .Semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. terimakasih banyak mas eza atas informasinya..infonya sangat bermanfaat mas..saya jadi lebih paham cara merawat anggrek..

      Hapus
  5. Terimakasih infonya. Kebetulan saya punya masalah pertumbuhan yg lambat bagi bayi-bayi anggrek dendrobium. Setelah pemijahan dari ukuran 2-3 cm, kini baru 5-10 cm saja setelah 6 bulan. Semua ditempel di pohon sawo. Sesuai info saya akan coba beri pupuk kimia NPK 30-10-10

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali. Untuk tanaman anggrek yang berumur 4 sampai 6 bulan memiliki ukuran 5 - 10 cm sudah baik karena anggrek pada masa itu memang lambat pertumbuhannya. Selanjutnya tanaman akan mengalami perumbuhan yang lebih cepat, pada masa ini dapat diberi tambahan pupuk NPK rata 20 : 20: 20 hingga dewasa. Selamat ya..karena dapat mempertahankan hidup bayi-bayi anggrek diperlukan ketekunan dan disiplin yang baik..

      Hapus
  6. yth. Mas Eza,
    Saya baru beli anggrek cattleya bbrp bulan lalu, saya tanam di pot tanah dgn media pakis cacah dan saya taruh di bawah pohon di halaman, saat musim kemarau anggrek tsb dpt tumbuh subur dan banyak tunas baru tp di musim hujan seperti skrg saya lihat kok daun-daun, batang, tunas dan akarnya ada bercak-bercak coklat yang makin lama makin melebar dan akhirnya busuk. Apakah anggrek tsb kena jamur atau virus ya Mas? Saya coba obati dengan menyemprotkan obat merk amistar top 2 x seminggu. Benar gak ya cara saya?
    Terima kasih atas jawabannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah memberi komentar. Pada musim hujan aktivitas bakteri dan jamur akan meningkat karena kelembaban yang tinggi. Sepertinya anggrek anda terserang jamur (baca ;jendela , agustus 2012).Bedanya anggrek yang terkena serangan bakteri biasanya bagian yang terserang menjadi busuk dan mengeluarkan bau tak sedap, sedang serangan jamur tidak menimbulkan bau. Jika terserang jamur, Anda dapat mengobatinya dengan fungisida. Jika obat yang anda beli adalah fungisida, teruskan pengobatan dan jangan banyak terkena air selama pengobatan. Jika serangan terhenti (bercak tidak tambah lebar),kemungkinan anggrek masih bisa diselamatkan. Sebaiknya lakukan pencegahan dengan memberikan fungisida pada anggrek2 lainnya. Semoga bermanfaat

      Hapus
  7. sip..sip..keren banget tipsnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Semoga bermanfaat. Jangan lupa mampir tiap bulan ya...

      Hapus
  8. Bagus banget tips nya
    Ohh ya saya mau tanya cara buat pupuk sendiri agar anggrek rajin berbunga dan bunganya tahan lama
    Makasi

    BalasHapus
  9. Bagus banget tips nya
    Ohh ya saya mau tanya cara buat pupuk sendiri agar anggrek rajin berbunga dan bunganya tahan lama
    Makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas komentarnya. Pupuk organik yang bisa digunakan untuk anggrek biasanya adalah air kelapa (kira-kira perbandingan 1 : 10)karena mengandung hormon giberilin (baca: jendela edisi okt 2012)yang dapat merangsang pembungaan, air bekas cucian beras (mengandung vit B1) atau air bekas cucian daging, ikan, ayam (diendapkan terlebih dahulu), perbandingan 1 : 10 - 20 (mengandung mineral yang dibutuhkan anggrek).
      Untuk ketahanan bunga, bagi setiap anggrek species berbeda-beda (dari yang hanya mekar beberapa jam saja sampai yang mampu mekar berbulan-bulan). Untuk anggrek hybrid Dendrobium dan Phalaenopsis umumnya dapat tahan sekitar 2 - 6 minggu. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  10. Thanks buat infonya ini kami lagi mau coba menanam angrek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama.. Selamat mencoba menanam anggrek dan semoga sukses. Jangan lupa mampir tiap bulan ya..

      Hapus
  11. bagaimana cara perlakuan ZPT seperti Paclobutrazol ke ANggrek? katanya juga kita bisa menggunakan kuning/putih telur yg bisa kita gunakan untuk pengganti Paclobutrazol itu..

    BalasHapus
  12. mas saya mau tanya saya baru membeli anggrek vanda hybrid awalnya sehat waktu pertama saya beli tapi setelah seminggu di rumah saya kliatan layu dan daun2nya seperti mengkerut.....apa ini tanda kurang air ato terlalu banyak air? makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masalah vandaku (Vanda Tricolor)... udah aku tanam 2 tahun & subur, daunnya lebat.. tapi gak mau bunga..... hix.. delima? ada solusi???

      Hapus
    2. Coba diberi pupuk dgn kadar p yang tinggi, atau disiram dengan air kelapa yang sudah diencerkan 1-2 kali seminggu.

      Hapus
  13. Baru ketemu blog yg sesuai...Tipsnya praktis, jitu, dan responsif utk seua pertanyaan... trima kasih banyak... salut (y)

    BalasHapus
  14. maaf saya mau tanya jika tangkai utama sang anggrek patah apakah bisa tumbuh dan berbunga lagi? terimakasih

    BalasHapus
  15. tergantung jenis anggreknya. apakah jenis monopodialpertumbuhannya sympodial atau monopodial. jika sympodial maka akan tumbuh tunas baru di bagian samping dekat akar..jika monopodial akan tumbuh tunas baru didekat patahannya.namun tunas baru relatif sangat rentan sehingga perawatannya harus lebih intensif.. trima kasih..

    BalasHapus
  16. Maaf saya mau tanya, saya sedih batang anggrek vanda perplexa asal flores saya patah akibat hujan deras tertimpa rang besi, apakah bisa tumbuh tunas lagi? Tolong saya, :'(... hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara umum setiap tanaman pasti akan berusaha mempertahanlan keberadaan/ hidupnya. jika tanaman sehat dan terawat, suatu saat dari batang yang patah itu akan muncul tunas baru.karena vanda memiliki pertbuhan monopodial.. rawatlah sebaik mungkin terutama untuk tunas baru yang yang akan munncul..

      Hapus
  17. saya barusan beli anggrek yg mulai tumbuh tangkai bunganya. kata si mas penjual bila mekar bunganya bisa tahan sampai 6 bln. benarkah ada anggrek yg bunganya bisa tahan hingga 6 bln? trimakasih respon dan pencerahannya.

    BalasHapus
  18. sebagian anggrek miliki letahanan bunga yang lama. sepanjang yang saya ketahui paling lama bunga anggrek ( dalam satu rangkaian) akan bertahan bisa mencapai 2 atau maksimal 3 bulan
    untuk jenis dendrobium ( yg hybrid) dapat bertahan 1 sd 1,5 bulan
    mungkin maksud si penjual bunganya dpt bertahan 6 minggu bukan 6 bulan

    BalasHapus
  19. saya dikasih batang anggrek dr temen.trs mau nnya, bgmn biar tmbuh akar dr btang trsb.mksh.

    BalasHapus
  20. Hi..., sy punya anggrek vanda, secara ga sengaja akarnya terendam air kolam, hasilnya tunas akarnya jadi tubuh subur, apakah sebaiknya dibiarkan terendam atau dipindahkan ya? Karena begitu dipindahkan tunas nya kering lagi, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunas akar muncul jarena adanya kelembaban yg cukup disekitarnya
      Tapi jika akar utama diviarkan terendam terus menerus maka akan berpotensi busuk . mfkin bisa diatur agar akar utama sedikit diatas air kolam ( tidk terendam) itu akan lebih baik..

      Hapus
  21. Saya punya pohon anggrek yang bunganya seperti scorplo tapi sudah agak lama tidak mau berbunga lagi, batangnya jadi kurus,trus timbul bercak hitam pada batang, itu disebabkan disiram air tanah atau karena bakteri, tapi beberapa minggu ini saya coba siram aircucian beras dicampur vitsin, dua hari sekali, hasilnya Alhamdullilah kelihatan lebih segar dan muncul tunas baru, anggrek saya ada dlm pot, jadi kalau kena terik matahari saya teduhkan, setelah sore saya kembalikan ketempat asalnya, apa berpengaruh pada pertumbuhanmya? Terima kasih atas infonya. Dari saya bu elly.

    BalasHapus
  22. Saya punya pohon anggrek yang bunganya seperti scorplo tapi sudah agak lama tidak mau berbunga lagi, batangnya jadi kurus,trus timbul bercak hitam pada batang, itu disebabkan disiram air tanah atau karena bakteri, tapi beberapa minggu ini saya coba siram aircucian beras dicampur vitsin, dua hari sekali, hasilnya Alhamdullilah kelihatan lebih segar dan muncul tunas baru, anggrek saya ada dlm pot, jadi kalau kena terik matahari saya teduhkan, setelah sore saya kembalikan ketempat asalnya, apa berpengaruh pada pertumbuhanmya? Terima kasih atas infonya. Dari saya bu elly.

    BalasHapus
  23. Saya punya pohon anggrek yang bunganya seperti scorplo tapi sudah agak lama tidak mau berbunga lagi, batangnya jadi kurus,trus timbul bercak hitam pada batang, itu disebabkan disiram air tanah atau karena bakteri, tapi beberapa minggu ini saya coba siram aircucian beras dicampur vitsin, dua hari sekali, hasilnya Alhamdullilah kelihatan lebih segar dan muncul tunas baru, anggrek saya ada dlm pot, jadi kalau kena terik matahari saya teduhkan, setelah sore saya kembalikan ketempat asalnya, apa berpengaruh pada pertumbuhanmya? Terima kasih atas infonya. Dari saya bu elly.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk anggrek scorpio ( jenis arachnis) cukup tahan terhadap terik matahari ..dia akan menyesuaikan diri dgn lingkungannya. Kalau anggrek terlalu sering di pindah biasanya justru akan stress dan mengganggu pertumbuhannya..

      Hapus
  24. Kalau anggrek sudah rontok semua tanpa bunga lagi, apa masih bisa tumbuh dan berbunga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya yang rontok daunnya ya? Kl untuk jenis Dendrobium, Sepanjang tanaman sehat (masih ada pertumbuhan akar) biasanya akan muncul tunas baru dan jika dirawat dengan baik maka tidak mustahil akan berbunga kembali..

      Hapus
  25. Saya baru beli anggrek, baru beberapa hari daunnya rontok agak busuk tp bunganya msh bagus. Katanya gara2 arangnya msh baru. Apa bener ya? mhn pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum menggunakan arang untuk media, sebaiknya dicuci terlebih dahulu, jika ada campuran fungisida agar tidak terkontaminasi oleh jamur.

      Hapus
  26. Bagaimana cara merawat akar Vanda Hybrid & pupuk apa yg harus di berikan utk akarnya agar sehat. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk perawatan akar cukup semprotkan vit b1 (atau air bekas cucian beras) 1-2 minggu sekali agar akar baru muncul. Jika perakaran sudah baik, tambahkan pupuk dengan kadar P yang tinggi (bisa juga ditambah air kelapa yang sudah dibeberkan dan diberi sedikit msg)

      Hapus
    2. Untuk perawatan akar cukup semprotkan vit b1 (atau air bekas cucian beras) 1-2 minggu sekali agar akar baru muncul. Jika perakaran sudah baik, tambahkan pupuk dengan kadar P yang tinggi (bisa juga ditambah air kelapa yang sudah dibeberkan dan diberi sedikit msg)

      Hapus
  27. sya beli bibit anggrek dalam botol , saya tanam sudah seminggu kira2 perlakuan seperti apa yang saya lakukan dan apakah bisa saya menyiram bayi anggrek dengan cucian beras? trimaksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. semprot dengan pupuk berkadar N yang tinggi seminggu sekali untuk memicu pertumbuhan. Semprot filosofis 2 mgg sekali agar tidak terserang jamur, bayi anggrek masih lemah dan butuh proteksi. Bisa disemprot air cucian beras juga tapi pastikan tidak ada air yang menggenang di daun pada sore hari, karena akan memicu jamur dan bakteri. Trims

      Hapus
    2. Semprot fungisida* bukan filosofis maksudnya..(maaf salah ketik)

      Hapus
    3. Semprot fungisida* bukan filosofis maksudnya..(maaf salah ketik)

      Hapus
    4. Semprot fungisida* bukan filosofis maksudnya..(maaf salah ketik)

      Hapus
  28. trimaksi sblunya. saya mau membrikan vitamin b1 untuk tanaman bayi anggrek saya tapi sya cari di daerah saya tidk ada temn saya anjurkan pake vitamin B1 untuk manusia apa boleh? klw blh brapa dosisnya. trimksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  29. Bisa,mb. Yang merk IPI 1 tablet untuk 3 liter air..

    BalasHapus
  30. Bisa,mb. Yang merk IPI 1 tablet untuk 3 liter air..

    BalasHapus
  31. Bisa,mb. Yang merk IPI 1 tablet untuk 3 liter air..

    BalasHapus
  32. Bisa,mb. Yang merk IPI 1 tablet untuk 3 liter air..

    BalasHapus
  33. Sy punya anggrek bulan yg layu daunnya. Akarnya masih ada yg bagus, sementara ini sy kasih media arang. Bagaimana cara memperlakukan anggrek itu supaya daunnya tidak layu n bisa tumbuh daun baru lg n bisa sehat lagi anggreknya? Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daun anggrek yang layu bisa karena beberapa sebab, salah satunya karena kurang penyiraman ,stress, atau terkena penyakit. Coba rutinkan penyiraman dan seminggu sekali diberi/semprot pupuk dengan kadar N yang tinggi (pupuk daun)seminggu sekali. Beri juga vit b1 atau air bekas cucian beras. Tapi jika terkena penyakit ( ada busuk, bercak hitam dsb) pada tanaman, maka harus diobati terlebih dahulu sesuai gejala penyakitnya.. Semoga membantu...

      Hapus
    2. Daun anggrek yang layu bisa karena beberapa sebab, salah satunya karena kurang penyiraman ,stress, atau terkena penyakit. Coba rutinkan penyiraman dan seminggu sekali diberi/semprot pupuk dengan kadar N yang tinggi (pupuk daun)seminggu sekali. Beri juga vit b1 atau air bekas cucian beras. Tapi jika terkena penyakit ( ada busuk, bercak hitam dsb) pada tanaman, maka harus diobati terlebih dahulu sesuai gejala penyakitnya.. Semoga membantu...

      Hapus
  34. Saya punya anggrek dendro baru beli ini bru pertama kali beli anggrek... medianya arang apakah penyiraman pakai gayung langsung di media arang (dipot) diperboleh kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh saja. Namun harus diingat bahwa anggrek adalah tanaman yang agak "sensitif". Dia menyukai perlakuan yang rutin dan stabil. Jika ditempat sebelumnya ia selalu dipupuk kemudian di rumah kita hanya disiram saja, biasanya akan ngambek dan tak mau berbunga lagi.. Sebaiknya sesekali di beri pupuk (kimia atau organik (air cucian beras, air kelapa yang digencarkan, dsb), agar ia senang dan betah ditempat barunya, dan pastinya mau berbunga kembali... Selamat menikmati keindahannya bunganya...

      Hapus
  35. TERIMA KASIH UNTUK SEMUA...
    MOHON IZIN UNDUH...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan.. Semoga bermanfaat..

      Hapus
    2. Silakan.. Semoga bermanfaat..

      Hapus
  36. Untuk anggrek yang sedang berbunga bagaimana cara perawatannya... mohon pencerahannya

    BalasHapus
  37. Untuk anggrek yang sedang berbunga, jika kuntum bunga belum mekar sempurna, jangan dipindah tempatnya, karena bunga akan mencari arah datangnya sinar. Jika dipindah, energi untuk pertumbuhan bunga akan digunakan untuk mengubah arah tangkai bunga sesuai arah datangnya sinar, akibatnya pertumbuhan bunga kurang maksimal.
    Setelah kunrum bunga mulai berguguran dapat dipupuk dengan pupuk yang mengandung kadar nitrogen tinggi (pupuk daun)untuk memicu agar segera tumbuh tunas yang baru.
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  38. Untuk anggrek yang sedang berbunga, jika kuntum bunga belum mekar sempurna, jangan dipindah tempatnya, karena bunga akan mencari arah datangnya sinar. Jika dipindah, energi untuk pertumbuhan bunga akan digunakan untuk mengubah arah tangkai bunga sesuai arah datangnya sinar, akibatnya pertumbuhan bunga kurang maksimal.
    Setelah kunrum bunga mulai berguguran dapat dipupuk dengan pupuk yang mengandung kadar nitrogen tinggi (pupuk daun)untuk memicu agar segera tumbuh tunas yang baru.
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  39. Gan sya pernh beli bayi anggrek botolan pas ditanam stlh e hari kol jadi layu? Dan kuning knp ya

    BalasHapus
  40. Balasan
    1. Untuk merawat anggrek botolan harus ekstra hati-hati,karena tanaman berada pada fase yang rawan seperti bayi. Suhu, air, kelembaban,cahaya dan kebutuhan nutrisi harus pas sesuai yang dibutuhkan. Jika ada yang kurang atau kelebihan ,bayi anggrek akan layu, menguning, busuk dan akhirnya mati..

      Hapus
    2. Juga diperlukan penyemrotan dengan fungisida dan bakterisida untuk mengantisipasi serangan jamur dan bakteri

      Hapus
    3. Juga diperlukan penyemrotan dengan fungisida dan bakterisida untuk mengantisipasi serangan jamur dan bakteri

      Hapus
  41. Air cucian beras yang digunakan harus diencerkan dulu atau tidak?

    BalasHapus
  42. Bagaimana cara merawat anggrek yang daunnya jadi kuning pada saat musim hujan? Apakah ketika musim hujan anggrek perlu dipindah ke tempat yang tidak terkena hujan? (Anggrek saya ditempatkan di teras dengan dinaungi parameter)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dinaungi paranet maksudnya

      Hapus
    2. Daun anggrek yang menguning bukan karena sudah tua menandakan adanya masalah pada anggrek tersebut. Bisa jadi terserang jamur atau bakteri. Isolasi anggrek dari lingkungan nya (karena bisa menulari anggrek lainnya), obati/semprot dengan fungisida jika terserang jamur dan jangan disiram selama 1 minggu kecuali disemprot fungisida. Jika terserang bakteri (ada daun yang busuk dan berbau), maka harus diobati dengan bakterisida. Selama pengobatan ,jangan disiram air dulu.

      Hapus
  43. Terimakasih banyak atas sharingnya mas. Untuk pemberian air cucian beras itu harus diendapkan yah! Diendapkan disini maksudnya untuk diambil endapnnya atau maksudnya air cucian beras dibiarkan selama sehari setelah itu baru disemprotkan pada tanaman!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Endapannya tidak dipakai, diambil airnya saja. Atau jika tidak ingin mengendapkan bisa diencerkan sampai agak bening.. Trims

      Hapus
  44. Untuk bayi anggrek bulan apakah boleh dispray pake air cucian beras mas? Bagian mana saja yang dispray? Mohon penjelasannya. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bayi anggrek sebaiknya dispray dengan pupuk cair dengan kandungan N tinggi untuk memicu pertumbuhan dan Vit B2 cair sesuai dosis yg dianjurkan.
      Sebaiknya tdk dispray dgn cucian beras mengingat kondisi bayi masih sangat rentan, agar tidak mudah terkontaminasi jamur dan bakteri. Jangan lupa spry dgn fungisida utk mencegah jamur

      Hapus
    2. Untuk bayi anggrek sebaiknya dispray dengan pupuk cair dengan kandungan N tinggi untuk memicu pertumbuhan dan Vit B2 cair sesuai dosis yg dianjurkan.
      Sebaiknya tdk dispray dgn cucian beras mengingat kondisi bayi masih sangat rentan, agar tidak mudah terkontaminasi jamur dan bakteri. Jangan lupa spry dgn fungisida utk mencegah jamur

      Hapus
  45. gan mau nanya.. untuk bayi anggrek bulan apakah air sisa seduhan teh baik untuk penyiraman.... trima ksih...

    BalasHapus
  46. Gan,mo tanya ne, Anggrek vandaku akarnya kering semua krn kelamaan kena sinar matahari krn ditinggal mudik. Daunnya jadi kuncup dan agak kuning, gmn mo buat vanda ku sehat kembali ya?

    BalasHapus
  47. Meletakkan anggrek dalam ruangan gpp ka mas? Biasa pagi sya keluarkan ntuk kasih matahari sampai jam 8an habis itu sya masukkan lagi... krn cuaca d papua panas banget kmrin sempat taruh di bawah paranet tapi kuncup banyak yg g jadi juga

    BalasHapus
  48. Sya btu beli anggrek vanda remaja pas musim hujan,sya biarkn tiap hri khujanan,stelh 1mnggu smua daunnya brcak2 hitam dn brcak hitam itu mnyerang smua daunnya yg bru 8lembar,apakah sya hrus memotong smua daunnya klw d ptong smua gundul dnk,,
    Solusinya gmna ya..tlong pncerahannya..

    BalasHapus
  49. Maaf mau nanya,sy pnya anggrek jenis bulan baru sy pindahkan dri pot tanah ke pot plstik krn sbelumny anggrekny layu karn dtruh di dlm ruangan. Untuk perwtnanya sy harus bgaimna untuk menyelmatkan anggrrk sprti semula?anggrekny sy sudah pnya btg yg besar dan tdny berbunga bagus namun krn hal it jdny layu.mohon pencerhanya.trims

    BalasHapus
  50. Kuntum anggrek sy kuning dn rontok.apa penyebabnya ya.mohon infonya๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

    BalasHapus
  51. Anggrek dendobrium saya patah batangnya apakah bisa tumbuh tunas baru?

    BalasHapus

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.