Sabtu, 18 Mei 2013

Genus bulan ini : Bulbophyllum , the greatest genus in the orchid family

Bulbophyllum vaginatum
Sahabat anggrek-ist, kali ini Genus bulan ini akan membahas mengenai Bulbophyllum. Bulbophyllum adalah genus terbesar dalam keluarga anggrek, bahakan merupakan salah satu genus terbesar dalam kerajaan tanaman. Sampai saat ini telah terdaftar sekitar 2800 species yang termasuk dalam genus ini, dan setiap tahun selalu saja ada penambahan species baru dalam genus ini, sementara ada juga yang dialihkan ke genus lainnya.

Nama Bulbophyllum berasal dari bahasa latin Bulbos (mirip bulb) dan bahasa Yunani Phyllon yang berarti daun. Daerah penyebarannya meliputi Australia. Afrika, Amerika Selatan dan Asia Tenggara. Namun daerah asalnya adalah Papua nugini, Papua, dan Kalimantan.

Tampilan species dari genus Bulbophyllum sangat beragam. Ada yang hidup sebagai epifit dan adapula yang litofit. Bentuk pseudobulbnya ada yang seperti batang dan adapula yang bulat atau kerucut dan bersudut. Daunnya tunggal dan muncul di puncak pseudobulb dengan ukuran beragam dari yang mungil hingga sangat besar, tipis maupun tebal. 

Bunga bervariasi baik bentuk maupun jumlahnya. Dari yang tunggal hingga banyak kuntum membentuk tandan, terjal8n seperti spiral atau berderet, bahkan berjejer melingkari tangkai bunganya. Sebagian species memiliki aroma yang kurang sedap dan beberapa species lain dikenali karena memiliki lidah dibibirnya yang dapat bergoyang-goyang.

Bulbophyllum dapat ditanam di pot di pot atau kerat kayu.Mereka menyukai kelembaban yang tinggi dan berangin serta terlindung dari sinar matahari langsung.

Berikut sebagian species dari genus ini. Selamat menikmati..

Bulbophyllum biflorum

Bulbophyllum enchinolabium

Bulbophyllum grandifolium

Bulbophyllum hanifii

Bulbophyllum occlusum

Bulbophyllum facetum

Bulbophyllum lobii

Bulbphyllum vaginatum

Bulbophyllum phalaenopsis

Bulbophyllum keekee

Bulbophyllum radicans

Bulbophyllum tetragonum

Bulbophyllum auratum

Bulbophyllum longiflorum
Bulbophyylum alveatum

Bulbphyllum bicolor
Bulbophyllum helix

Bulbophyllum japonicum

Bulbophyllum maximum 

Bulbophyllum olivinum
Bulbophyllum nasica

Bulbophyllum pfoetidum

2 komentar:

  1. Salam Kenal
    Saya cenderung suka dengan genus bulbophyllum dan cirrhopetallum, namun cukup susah untuk cari di kota saya...kemarin sangat beruntung saya dapat Bulbophyllum lobii..bunganya sangat menarik...senang bertemu dengan orchids fan diluar sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali. Terima kasih sudah mampir di blog ini. Anggrek dari genus bulbophyllum memang sangat beragam dan unik. Sering-sering mampir ya..

      Hapus

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.