Rabu, 14 Maret 2012

Anggrek berbunga putih, Dendrobium affine













Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Asparagales
Famili : Orchidaceae
Sub Famili : Epidendroideae
Tribe : Dendrobieae
Sub Tribe : Dendrobiinae
Genus : Dendrobium
Species : Dendrobium affine
Binomial name : Diuris affine [Decais.] Steudel 1840


Sahabat Anggrek-ist, anggrek berbunga putih yang cantik ini memiliki nama Dendrobium affine. Bentuk bunganya yang indah menyerupai kupu-kupu membuat ia memperoleh julukan "The white butterfly orchid" (anggrek kupu-kupu putih). Sosok bunganya sangat mirip dengan Dendrobium biggibum atau Dendrobium phalaenopsis yang lebih dikenal dengan anggrek larat, tapi ukuran bunganya lebih kecil , hanya sekitar 2 -3 cm saja. Kedua jenis anggrek ini memang berasal dari seksi dendrobium yang sama yaitu phalaenanthe.

Dendrobium affine ditemukan di Wilayah Utara dan Barat Australia, New Guinea, dan pulau-pulau Timor, Seram dan Tanimbar (Indonesia bag. timur) . Hidup secara epifit pada ketinggian 0 - 300 m dari permukaan laut dengan pola pertumbuhan sympodial . Membutuhkan kelembaban yang cukup dengan suhu hangat sampai panas dan kebutuhan cahaya matahari yang tinggi.

Sosok tanaman Dendrobium affine ini berkuran sedang sampai besar. Termasuk anggrek yang mudah dipelihara dan tahan banting. Perbungaan akan muncul dari pseudubulb yang berdaun maupun tak berdaun. Tangkai bunga berukuran 10 -50 cm dengan membawa 1- banyak bunga berukuran 2-3 cm. Bunga akan mekar berurutan dan menghadap ke satu arah . Bunga dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama, lebih dari 1 bulan. Salah satu variannya memiliki warna merah keunguan di bibirnya, dikenal sebagai varian dicuphum.

Foto kiri : www.orhidspecies.com
Foto kanan : www.orchidwikia,com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.