Rabu, 20 Maret 2013

Anggrek beraroma : Dendrobium senile













Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Asparagales
Famili : Orchidaceae
Sub Famili : Epidendroideae
Tribe : Dendrobieae
Sub Tribe : Dendrobiinae
Genus : Dendrobium
Species : Dendrobium senile
Binomial name : Dendrobium senile Parish ex. Rchb. 1865

Wah... segar sekali penampilan bunga anggrek yang satu ini. Dengan warna bunganya yang kuning cerah dihiasi sedikit kehijauan dibibirnya membuat tampilannya benar-benar menyegarkan mata yang memandang. Ada satu lagi yang membuatnya berbeda, yaitu tampilan batangnya yang dipenuhi bulu-bulu halus berwarna putih, sehingga tak heran jika anggrek satu ini juga dijuluki " The white haired Dendrobium" atau "Dendrobium berambut putih" atau kalau di Indonesiakan jadi "Dendrobium beruban" gak ya ? he..he..

Anggrek yang satu ini memang merupakan salah satu species Dendrobium . Memiiliki nama latin Dendrobium senile. Di Thailand ia lebih dikenal dengan julukan "Ueang ​​Chani". Merupakan tanaman anggrek berukuran kecil yang hidup di daerah hangat sampai sejuk sebagai epifit yang tumbuh dari Myanamar, Thailand dan Laos pada ketinggian 500 sampai 1200 meter dari permukaan laut .

Merupakan jenis Dendrobium yang membutuhkan tingkat cahaya tinggi dan beristirahat pada musim dingin   untuk mekar pada musim semi dan musim panas . Satu sampai beberapa bunga muncul di perbungaan pendek dari node pada batang yang berdau atau tak berdaun. Membutuhan tingkat cahaya rendah pada musim panas yang basah dan tingkat cahaya yang lebih tinggi di musim dingin yang kering. Seperti warna bunganya yang segar , bunga anggrek ini juga memiliki aroma yang harum seperti lemon dengan ukuran bunga sekitar 3 sampai 6 cm.

Sinonim Callista senilis (Paroki & Rchb f..) Kuntze 1891, Callista senilis (Paroki & Rchb f..) Brieger 1981



2 komentar:

  1. Mungkin karena ubannya itu ia di sebut dendrobium senile (senile=tua)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin juga, mas... Thanks buat comment / infonya. Sering-sering mampir ya...

      Hapus

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.