Rabu, 20 Maret 2013

Anggrek unik : Caladenia discoidea















Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Asparagales
Famili : Orchidaceae
Sub Famili : Orchidoideae
Tribe : Diurideae
Sub Tribe : Caladeniinae
Genus : Caladenia discoidea
Species : Caladenia discoidea
Binomial name : Caladenia discoidea Lindl. 1840



Sahabat, unik sekali ya bentuk anggrek diatas ? Bentuknya memang menyerupai serangga. Karenanya ada yang menjulukinya  "the bee orchid" alias anggrek tawon . Adapula yang mengatakan mirip seperti laba-laba yang menari sehingga ia dijuluki "the dancing spider orchid". Bahkan adapula yang menyebutnya "the antelope orchid". Kalau menurut sahabat, nama mana yang paling sesuai ? Terlepas dari itu semua anggrek yang satu ini memang memiliki bentuk yang unik, bukan ?

Nah, anggrek unik ini memiliki nama latin Caladenia discoidea. Merupakan species asli Australia bagian Barat. Tanaman berukuran sedang. Hidup di daerah berhawa sejuk sampai dingin sebagai anggrek terestrial (hidup di tanah) di hutan terbuka yang berpasir pada ketinggian 10 sampai 150 meter dari permukaan laut. Bunga biasanya mekar diakhir musim dingin dan musim semi,  dengan tangkai bunga tegak sepanjang 45 cm yang dapat membawa 1 samapi 4 kuntum bunga berukuran 2 samapi 3 cm. 

Sinonim Arachnorchis discoidea (Lindl.) DLJones & MAClem. 2001; Calonema discoidea (Lindl.) Szlach. 2001; Calonemorchis discoidea (Lindl.) Szlach. 2.001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.