Rabu, 18 Januari 2012

Anggrek berbunga putih, Calanthe triplicata


Kingdom : Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Class : Lilioptida

Ordo : Asparagales

Famili : Orchidaceae

Sub Famili : Epidendroideae

Genus : Calanthe

Anggrek putih yang cantik ini memiliki nama Calanthe triplicata [Rumh] Ames 1907. Merupakan anggrek yang hidup secara terestrial pada humus di hutan -hutan tropis yang lembab dan teduh pada ketinggian 500 sd 1500 m dari permukaan laut. Daerah persebaran anggrek ini sangat luas mulai dari wilayah Mauritius, Madagaskar, Jepang , Australia dan Asia, terutama Asia tenggara (Thailand, Filipina, Malaysia, Vietnam dan Indonesia).

Anggrek cantik berbunga putih ini memiliki daun yang cukup lebar dengan pseudobulb berbentuk bulat telur. Dengan tangkai bunga yang cukup panjang dan bunga yang mekar berurutan dan semakin padat dipuncak, bunga anggrek ini seolah membentuk kerucut atau piramida yang menyerupai pohon cemara. Mungkin hal ini yang menyebabkan ia dijuluki "Crhismas orchid" di Australia.

Di Indonesia, anggrek ini juga sangat luas persebarannya. Mulai dari Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku. Itulah sebabnya setiap daerah memiliki nama lokal untuk anggrek ini. Contohnya di daerah Sunda anggrek ini dikenal dengan sebutan "Anggrek popocongan" (mungkin karena ada varietas bunga anggrek ini yang bunganya berwarna putih semua), di ambon terkenal dengan sebutan "Ahan abal", di Sumatra utara dikenal sebagai "Lemba utan", sedang di Maluku di panggil "Bunga tida lapis".

Selain memiliki bunga yang cantik, ternyata anggrek ini bisa juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional lho. Meskipun menurut data dari herbaldb.farmasi hal ini belum terverivikasi, akar tanaman ini dapat digunakan untuk mengobati bisul dan perut mulas. Sedang bunganya dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi.

Foto : www.orchidspecies.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.