Rabu, 18 Januari 2012

Anggrek cantik, Miltoniopsis phalaenopsis












Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Asparagales
Famili : Orchidaceae
Sub Famili : Epidendoideae
Tribe : Cymbidieae
Sub Tribe : Oncidiineae
Genus : Miltoniopsis
Species : Miltoniopsis phalaenopsis
Binomial name : Miltoniopsis phalaenopsis (Linden & Rchb.f.) Garray & Dunst. 1976

Sahabat anggrek-ist, cantik sekali ya bunga anggrek di atas? Namannya Miltoniopsis phalaenopsis. Bunga anggrek dengan sepal dan petal putih serta labellum/bibir yang putih polos berhias motif berwarna kuning dan ungu. Motif ungu yang menawan seperti tumpahan cat yang jatuh dari langit dan menetes di bibirnya yang indah, menciptakan perpaduan warna yang kontras dan mempesona. Sungguh suatu ciptaan yang menakjubkan!

Tanaman anggrek ini berasal dari Colombia. Termasuk jenis anggrek yang mudah tumbuh asalkan kebutuhan lingkungannya terpenuhi. Tanaman anggrek yang tumbuh secara efifit ini dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1200 - 1500 m dari permukaan laut. Tanaman ini juga membutuhkan kelembaban yang cukup tinggi sekitar 50% - 90 %, tempratur yang hangat dan tingkat cahaya yang cukup rendah, alias teduh dan ternaungi.

Bunga anggrek biasanya mulai bermekaran pada musim semi, meski kadang-kadang ia mau juga berbunga di musim gugur. Bunganya cukup banyak dan dapat berbunga 2 kali dalam setahun dengan ukuran setiap bunga mencapai 5,75 cm. Ketahanan bunga pun tergolong cukup lama, bisa mencapai 6 - 8 minggu. Salah satu varietas species ini memilki bibir dengan semburan warna merah hati. Cantik sekali.


Foto kiri : Jay pfahl in www.orchidspecies.com
Foto kanan : orchid web.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.