Rabu, 18 Januari 2012

Anggrek unik, Barkeria uniflora














Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Asparagales
Famili : Orchidaceae
Sub family : Epidendroideae
Tribe : Epidendreae
Sub Tribe : Laeliinae
Genus : Barkeria
Species : Barkeria uniflora
Binomial name : Barkeria uniflora [La Llave & Lex.] Dresssler & Halb.1977

Sahabat anggrek-ist, gambar binatang apa yang sahabat lihat terlukis di bibir anggrek unik di atas? Jawabannya pasti hanya satu : ular. Ular cantik yang tengah menjulurkan lidahnya. Itulah keunikan sekaligus keindahan anggrek ini. Lukisan indah persembahan sang Maha Pencipta di atas kanvas sekuntum bunga. Indah dan romantis ya...

Anggrek unik nan cantik ini memiliki nama latin Barkeria uniflora (barkeria berbunga tunggal), meskipun ia juga sering dikenal sebagai Barkeria elegans (barkeria yang anggun). Ia hidup secara efifit di tempat yang teduh dan dingin pada pohon-pohon di sepanjang sungai kering di Oaxaca negara bagian Mexico . Ditemukan juga di Guerrero, dan Michoacan pada ketinggian 670 - 1300 m dari permukaaan laut, meskipun ada juga yang menemukannya pada ketinggian 1500-1700 m dari permukaan laut.

Bunga anggrek yang unik dan anggun ini biasanya akan mekar pada akhir musim gugur sampai musim dingin, dengan ukuran bunga mencapai 5,6 cm yang merupakan bunga terbesar di genusnya. Hidup menempel di pohon dengan ukuran tanaman dari yang kecil sampai besar dengan akar-akar yang menjuntai dan bergerak bebas di udara.

Foto kiri : By Allan Black in www.orchidspecies.com
Foto kanan : orchid wikia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.