Rabu, 18 Januari 2012

Tips: pestisida alami untuk anggrek


Sahabat anggrek-ist, merawat anggrek membutuhkan ketekunan dan kesabaran yang tinggi. Adakalanya anggrek yang sudah kita rawat dengan sepenuh hati masih juga terserang hama atau penyakit. Baik itu yang disebabkan oleh bakteri, jamur, maupun serangga atau hewan pengganggu. Banyak pestisida yang dijual di pasaran untuk mengatasinya, namun jika kita tidak mau membeli atau bingung memilih pestisida mana yang cocok, maka pestisida alami berikut ini mungkin bisa menjadi alternatif pilihan.

Mengusir hama serangga

Kumpulkan beberapa gram (atau sesuikan kebutuhan) hama serangga yang memakan tanaman anggrek anda, kemudian tumbuk dan aduk dalam wadah yang berisi air secukupnya. Diamkan selama 2 hari, saring cairan tersebut kemudian semprotkan kepada tanaman yang sering dimakan oleh serangga tadi. Hama yang sama akan menghindari tanaman yang sudah disemprot dengan cairan tadi. Cara ini cukup efektif untuk hama-hama kecil dan siput namun tidak terlalu efektif untuk hama belalang.

Semprotan Nimba

Kandungan zat aktif dalam tanaman nimba adalah azadirachtin, salannin, meliantriol, dan nimbin, yang terutama terdapat dalam biji dan daun tanaman. Zat azodirachtin diyakini memiliki daya bunuh terhadap serangga hama, bahkan effektif untuk nyamuk. Pada beberapa jenis serangga efeknya mungkin muncul setelah beberapa minggu karena sistem kerjanya memutus daur perkembangbiakan serangga tersebut. Beberapa hama yang dapat di kendalikan dengan semprotan nimba antara lain keong/siput, nematode, lebah penyengat, ulat, ngengat, penggerek daun, nyamuk, dan belalang.

Cara membuatnya :

  1. Tumbuk biji nimba dan masukan kedalam kantong kain, kemudian masukkan kedalam ember dan biarkan selama satu malam. Perbandingannya 50 gr biji nimba untuk 1 liter air. Kemudian semprotkan airnya ke tanaman yang di serang hama.
  2. Selain biji, daun Nimba juga dapat di gunakan, caranya masukan lumatan daun nimba segar secukupnya kedalam ember atau wadah berisi air kemudian biarkan selama 2 hari, saring/pisahkan daun nimba dengan air, kemudian gunakan air ini untuk disemprotkan ke tanaman anggrek anda, namun efek daun ini lebih lemah dibandingkan semprotan dari biji Nimba. Cara lain keringkan daun nimba kemudian tumbuk dan rendam dalam air, airnya barulah gunakan sebagai semprotan anti hama.

Semprotan bawang putih

Ambil 2-3 siung bawang putih campur dengan 2 gelas air, kemudian diblender. Jika tak ada blender bisa juga ditumbuk. Saring larutan yang sudah jadi, campurkan dengan 2-3 tetes baby oil ditambah 4-5 tetes sabun cair atau sedikit sabun colek. Diamkan 1 hari. Kemudian semprotkan pada tanaman anggrek. Efektif untuk mengusir hama seranga termasuk kutu putih.

Semprotan Pepaya

1-2lembar daun papaya segar dirajang halus dan direndam kedalam 3 gelas air kemudian ditambah 1/2 sendok makan minyak dan sabun cair. Dibiarkan selama semalam, disaring dengan kain halus kemudian gunakan untuk menyemprot tanaman anggrek anda yang diserang hama.

Semprotan daun Talas

Daun talas memiliki kandungan asam lisolic yang bila termakan serangga maka rasanya seperti manusia memakan pecahan gelas. Cara membuatnya tumbuk 3 lembar daun talas dan masukan dalam 1 liter air, aduk sampai rata, saring. Percikan atau semprotkan ketanaman anda.

Semprotan sari/jus buah pinang

Semprotan ini cukup efektif untuk bekicot atau siput, ambil getah buah pinang muda dan kumpulkan dalam ember berisi air dan gunakan untuk menyemprot bekicot atau siput. Tidak disarankan disemprotkan ketanaman langsung.

Mencegah jamur

Semprotan air daun sirih

Ambil 5-6 lembar daun sirih, rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih, tunggu sampai dingin. Lalu semprotkan pada tanaman anggrek sebagai pengganti fungisida.

Mencegah bakteri

Semprotan rebusan daun Salam

Ambil 4-5 lembar daun salam, rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih, tunggu sampai dingin. Semprotkan pada tanaman anggrek untuk mencegah datangnya bakteri.

Sumber :

http://indonesiaorchids.wordpress.com
dan pengalaman pribadi

Foto : dokumentasi pribadi

9 komentar:

  1. Terimakasih Informasinya Sangat Bermanfaat Jelly Gamat Walatra G Sea

    BalasHapus
  2. Terimakasih infonya semoga bermanfaat bagi banyak orang

    BalasHapus
  3. Terima kasih infonya dan smoga bermanfa'at

    BalasHapus
  4. Terima kasih infonya dan smoga bermanfa'at

    BalasHapus
  5. Terima kasih infonya dan smoga bermanfa'at

    BalasHapus
  6. Terima kasih infonya, semoga bermanfaat bagi pecinta anggrek

    BalasHapus
  7. Sangat bermanfaat..tks

    BalasHapus
  8. Terima kasih infony...
    Semoga bermanfaat buat tanaman sy..

    BalasHapus

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.