Rabu, 28 Agustus 2013

Genus bulan ini : Chiloschista , si "anggrek akar" dengan "bibir yang terbelah"

Chiloschista lunifera
Sahabat anggrekist, untuk kali ini "genus bulan ini" akan membahas tentang genus Chiloschista. Chiloschista berasal dari bahasa Yunani chilos dan chistos. Chilos berarti bibir, sedangkan chistos artinya terbelah. Genus ini merupakan tanaman asli dari Asia tenggara. Penyebarannya meliputi India, Asia tenggara termasuk Indonesia, Kepulauan pasifik hingga Australia. Chiloschista lunifera merupakan  type of speciesnya.

Chiloschista merupakan tanaman yang berukuran mini.Tidak seperti anggrek kebanyakan, tanaman ini tidak memiliki pseudobulb, batang, bahkan daun. Sehingga tanaman ini hanya menunjukkan akarnya yang melekat di ranting-ranting pohon jika sedang tidak memunculkan bungana. Karena itulah ia juga dijuluki sebagai "anggrek akar". Akar-akar tanaman ini memiliki klorofil sehingga dapat berfungsi dalam proses fotosintesa. Namun sesekali dapat pula muncul daun yang sangat mungil diantara akar  menggumpal yang saling membelit itu.

Bunga Chiloschista berukuran kecil dan muncul dari tangkai bunga yang menggantung. Kebanyakan berwarna putih, pink, kuning dengan bintik merah gelap. Tanaman ini biasanya dibudidayakan dengan media potongan kayu yang digantung.Tanaman menyukai temperaturyang sedang, kelembaban serta sinar matahari tidak langsung. Berikut beberapa species dari genus Chilochista.

Chiloschista guangdongensis

Chiloschista javanica


Chiloschista parishii

Chiloschista phyllorhiza

Chilloschista pusilla

Chiloschista yunnanensis


Chiloschista usneoides


Chiloschista viridiflora

Chiloschista ramifera
Foto: orchidspecies.com

2 komentar:

  1. Saya tertarik dengan anggrek ini, mohon info perawatannya..

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.