Rabu, 28 Agustus 2013

Ragam : Filatelist anggrek-ist

Album prangko
Sahabat anggrek-ist, filateli adalah satu kegemaran atau hobi untuk mengumpulkan (mengoleksi) dan merawat atau mempelajari benda-benda pos yang terkait dengan pengiriman surat. Benda-benda pos itu seperti prangko, souvenir sheet, minisheet, SHP, amplop, cap pos, warkat pos, dan sebagainya. Nah, jika sahabat memang penggemar bunga anggrek atau seorang anggrek-ist, maka kegiatan filateli ini dapat sahabat gunakan untuk mengoleksi benda-benda pos yang bertema anggrek. Nah,jadilah sahabat seorang filatelist anggrekist (ini istilah saya...lho).

Banyak sekali benda pos bertema anggrek. Bahkan sudah ada pula organisasi tingkat internasional yang beranggotakan para filatelist yang mengoleksi benda pos bertema anggrek (orchid). Salah satunya adalah Orchid Stamp Club International di Sydney Australia, yang beranggotakan sekitar 200 orang. Bahkan anggota dari club ini rutin melakukan pertemuan 6 kali dalam setahun dan juga bertemu tiap 3 tahun sekali pada perhelatan Konfrensi Anggrek Dunia (World Orchid Conference). Dalam pertemuan itu mereka dapat bertukar informasi mengenai koleksi mereka sekaligus bertukar benda koleksi. Mereka bahkan mengklaim telah mengoleksi lebih dari 4000 perangko bertema anggrek. Kapan ya di Indonesia ada organisasi seperti ini ?

Mendapatkan benda pos bertema anggrek memang lumanyan sulit di Indonesia. Selain itu, benda pos bertema anggrek biasanya juga memiliki harga yang cukup tinggi. Contohnya Sebuah souvenir sheet bergambar anggrek kalajengking ( Arachnis flos-aeris) yang diterbitkan oleh PT. Pos Indonesia pada tahun 1976. Di katalog perangko Indonesia, harga SS dengan nominal Rp.25,- tersebut dibanderol dengan harga Rp. 300.000,-  atau lebih dari 10.000 kali dari harga nominalnya. Sebuah harga yang fantastis. Bahkan jika ada yang menjual 1/4 saja dari harga banderol tersebut ,para filtelis anggrekist bisa jadi akan rebutan membelinya. 

Selain mengoleksi, seorang filatelist anggrekist sebaiknya juga mempelajari koleksi yang ia miliki. Diterbitkan oleh negara mana, tahun terbitnya kapan, dan terlebih seluk beluk mengenai gambar anggrek yang ada dalam koleksi tersebut. Sehingga kegiatan filatelis benar-benar dapat menambah wawasan sekaligus menyenangkan.

Meski belum begitu banyak, inilah sebagian koleksi filateli bertema anggrek yang saya miliki. Semoga bisa menginspirasi sahabat...

Prangko PRISMA
(eksklusif karena bikin sendiri di kantor pos)

SS bergambar anggrek merpati (Dendrobium crumenatum)
Diterbitkan negara Singapore.
Unik karena prangko anggreknya  dibordir

Stamp set orchid dari berbagai negara

Minisheet bertema anggrek

Kartu pos bergambar anggrek dengan prangko tercetak

Prangko dengan keterangan species anggrek pada gambar

SHP dan sampu lsurat dengan prangko anggrek

Anggrek Disa uniflora pada prangko Afrika selatan

Prangko anggrek used dengan keterangan gambar

Berbagai sampul surat dengan prangko anggrek

Beberapa Mini sheet bergambar anggrek



Foto : Dokumentasi pribadi



1 komentar:

  1. kamu hobi koleksi prangko ya? ada berapa banyak koleksinya?

    BalasHapus

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.