Rabu, 28 Agustus 2013

Jendela : Kebun Raya Eka Karya Bali

Kebun Raya Eka Karya Bali adalah sebuah kebun botani besar yang terletak di wilayah kabupaten Tabanan, Bali. Kebun ini merupakan kebun raya pertama yang didirikan oleh putra bangsa Iindonesia. Kebun ini dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan secara struktur organisasi berada di bawah Pusat Konservasi tumbuhan Kebun Raya Bogor.

Didirikan pada tahun 1959, Kebun Raya ini pada awalnya hanya diperuntukkan bagi tumbuhan runjung. Seiring dengan perkembangan dan perubahan status serta luas kawasannya, kebun yang berada pada ketinggian 1.250 m - 1.450 dpl ini kini menjadi kawasan konservasi eks-situ bagi tumbuhan pegunungan tropika Kawasan Timur Indonesia. Luas kawasan Kebun Raya yang semula hanya 50 ha, saat ini telah menjadi sekitar 157,5 ha.

Kebun Raya Eka Karya Bali, terletak di tengah-tengah Pulau Bali, yakni berada di kaldera bekas gunung
berapi yang terletak di desa Candi kuning, kecamatan Baturiti, Tabanan. untuk menuju Kebun Raya Bali dapat ditempuh melalui perjalanan darat selama satu setengah jam dari Denpasar, atau sekitar 80 km ke arah utara Denpasar menuju Singaraja. jika dari Singaraja, maka jarak yang ditempuh sekitar 40km  ke arah selatan menuju Denpasar.


Kebun Raya ini memiliki ribuan tanaman koleksi yang dikelompokkan berdasarkan kekerabatannya. Selain
di koleksi, tanaman tersebut juga diupayakan penelitian dan pengembangannya. Beberapa koleksi yangada diantaranya mencakup anggrek, kaktus, paku, lumut, begonia, bambu, tanaman upacara adat, tanaman obat, tanaman air dan palma.


Ada beberapa jalur yang dapat ditempuh jika berkunjung ke kebun raya ini. Oleh pengurus, dibagi menjadi 5 jalur yaitu jalur kuning, ungu, merah,biru dan jalur burung. Jalur kuningakan membawa kita melewati jalan beraspal, jalan setapak, padang rumput dan dihiasi banyak pohon cemara, sedang jalur ungu akan membawa kita pada koleksi anggrek alam dan kaktus. Jalur merah membawa kita melihat rumah-rumah tradisional bali dan koleksi tanaman untuk upacara adat,tanaman obat dan bumbu masak. Sementara itu jalur biru akan membawa kita mengelilingi koleksi tanaman paku-pakuan. Dan jalur burung akan membawa kita melihat kawanan burung yang hidup di habitatnya secara langsung. Diantaranya adalah burung sriganti, kepodang dan Jalak Bali.

Untuk memanjakan pengunjung, Kebun Raya Eka Karya Bali juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti ruang pertemuan, penginapan, Botanic resto, toko souvenir, pemanduan, akomodasi, perpustakaan, herbarium dan tempat penjualan tanaman.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.