Rabu, 28 Agustus 2013

Tahukah sahabat : Actaea pachypoda , si "mata boneka" yang mematikan

Sahabat anggrek-ist, pernahkah sahabat melihat buah di samping ini ? Ini adalah buah dari tanaman Actaea pachypoda. Sekilas buah yang juga sering disebut "white baneberry' atau baneberry putih ini tampak seperti mata boneka, karenanya ia juga dijuluki "the dolls-eyes" atau "si mata boneka". 

Actaea pachypoda adalah species dari tanaman berbunga dalam genus Actaea yang termasuk family Ranuculaceae. Tanaman ini merupakan tumbuhan asli dari Amerika Utara bagian timur. Merupakan herba tanaman tahunan yang tumbuh sampai 50 cm atau lebih tinggi dengan lebar 1,5 sampai 3 meter. 

Tanaman menyukai tanah liat yang kasar dan kering serta sedikit peneduh. Bung a biasanya muncul  pada musim semi, dengan menghasilkan segugusan bunga sepanjang 10 cm yang berwarna putih. Yang paling menonjol dari tanaman ini adalah buahnya yang memiliki bentuk yang unik, berwarna putih bulat dengan sedikit warna hitam ditengahnya yang membuatnya mirip dengan "mata boneka". Biasanya buah akan matang pada musim panas dan akan tetap pada tanaman hingga beku.

Bunga dan daun tanaman "dolls-eyes"

Rumpun tanaman yang subur

Namun siapa sangka buah dan tanaman unik  ini sebenarnya sangat beracun bagi manusia? Tanaman ini, terutama buahnya mengandung racun kardiogenik yang  memiliki efek penenang langsung pada jaringan otot jantung manusia. Menelan buah ini dapat menyebabkan serangan jantung yang dapat mengakibatkan kematian. Tetapi efek ini tidak terjadi pada burung ,yang merupakan penyebar utama biji tanaman ini.

Foto dan berita: dari berbagai sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.