Sabtu, 29 Oktober 2011

Aerides odorata















Akhirnya anggrek cantik ini mekar juga. Satu tahun sejak aku merawatnya dari sebatang anggrek yang hampir terlupakan. Anggrek ini berasal dari pemberian tetanggaku, sebatang anggrek tanpa akar. Sayangnya saat itu aku belum begitu tertarik memelihara anggrek. Batang anggrek ini cuma teronggok di sudut halaman yang lembab. Selang beberapa bulan, saat aku mulai memelihara koleksi pertamaku Phalaenopsis amabilis, aku teringat pada anggrek ini. Kucari ia di sudut halaman, ternyata ia masih disana. Segar meski kurang terawat. Yang mengagumkan, ternyata tanpa dirawat pun ia telah mengeluarkan akarnya. Perjuangann hidup yang sungguh menakjubkan. Kuambil dia, kubersihkan dan kutanam didalam pot yang kugantung di tembok belakang rumah. Sejak itulah ia menjadi salah satu anggrek koleksiku yang saat itu masih bisa dihitung dengan jari.

Hampir setahun berselang sejak kurawat ia sebaik-baiknya, suatu hari tanpa kuduga ia memunculkan tangkai bunganya. Cukup lama kutunggu calon -calon bunga itu membesar , lebih dari 1 bulan lamanya. Saat yang kutunggu akhirnya tiba, diakhir bulan Oktober 2011 ini bunganya mulai mekar satu persatu. Sangat cantik dan unik. Bergerombol menjuntai kebawah. Bahkan sebebelum mekar pun calon bunganya sudah tampak unik dengan bibir bunga menyerupai kuku macan. Tak hanya itu, anggrek ini juga memiliki keharuman yang sangat kuat dan menyegarkan, mirip aroma daun jeruk / citrus.

Aerides odorata, itulah nama anggrek ini. Hidup di sebagian besar wilayah Asia Tenggara pada ketinggian 200 - 2000m dari permukaan laut. Di Indonesia dapat dijumpai di wilayah Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Hidup secara efifit dengan pola pertumbuhan monopodial dan ukuran bunga mencapai 2 - 4 cm. Bunga muncul dari tangkai bunganya yang cukup panjang dan dapat membawa sampia 30 bunga disatu tangkainya.

Foto : kiri : dokumentasi pribadi
kanan : www.orchidspecies.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.