Jumat, 28 Oktober 2011

Dendrobium anosmum














Sudah cukup lama aku menginginkan untuk mengoleksi anggrek ini. Bunga anggrek yang cantik dan memiliki keharuman yang khas dan lembut. Sosoknya mirip Dendrobium aphillum, hanya saja corong bibirnya lebih sempit dan berwarna ungu. Dialah Dendrobium anosmum.

Sebagian besar sepal dan petal bunganya berwarna ungu muda yang terang (seperti gambar kanan). tapi yang aku miliki berwarna putih , sangat kontras dengan bibirnya yang ungu. Perpaduan yang sangat cantik , khas anggrek alam. Den. anosmum yang kumiliki ini memiliki ukuran tanaman (akar, daun dan batang) yang jauh lebih kecil dibanding varitas yang berbunga ungu (kanan). Meski demikian ia tak kalah cantik dengan saudaranya yang bersosok lebih besar.

Anggrek ini hidup secara efifit dengan tipe pertumbuhan sympodial. Merupakan salah satu type anggrek yang menggugurkan daunnya sebelum memunculkan bunga. Bunga akan muncul dari buku-buku di batang tempat sebelumnya dilekati daun. Setiap buku dapat memunculkan 1 - 3 kuntum bunga, yang memiliki ketahanan bunga yang cukup lama asalkan tidak terkena air secara berlebihan. Di sebagian tempat di Indonesia ada juga yang menyebutnya "anggrek mata sapi". Bagaimana menurut anda, apakah terlihat seperti mata sapi ?

Foto : kiri : Dokumentasi pribadi
Kanan: www.orchidspecies.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.