Minggu, 23 Oktober 2011

Anggrek unik, Ophrys kotschyi


Pernahkah anda melihat seekor lebah yang tengah hinggap di sekuntum bunga yang sedang mekar? Apa yang anda lihat pada gambar di samping ini bisa jadi mewakili semua gambaran tersebut. Tapi jangan salah ya, lebah di gambar tersebut bukanlah lebah sesungguhnya, melainkan ia adalah salah satu bagian dari sekuntum bunga anggrek.

Anggrek yang memiliki bunga berbentuk unik menyerupai lebah betina ini memiliki nama Ophrys kotschyi. Hidup secara terestrial di padang-padang rumput sebelah tenggara Yunani, kepulauan Kreta dan Cyprus pada ketinggian 0 - 1000 m dari permukaaan laut.

Setiap musim semi tiba biasanya bunga cantik dan unik dari anggrek ini akan mulai bermekaran. Setiap tangkai bisa menghasilkan 1 - 10 kuntum bunga dengan ukuran 3 - 4 cm.

Bukan hanya itu keunikan anggrek ini, tetapi anggrek ini juga dapat memproduksi zat yang sama dengan yang diproduksi oleh lebah betina untuk menarik lebah jantan. Dengan demikian lebah jantan akan tertarik dan mendatangi "lebah betina" tiruan ini, sehingga terjadilah proses penyerbukan. Anda tertarik untuk memeliharanya ?
(Foto: www.orchidspecies.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.