Senin, 24 Oktober 2011

Anggrek, bunga nasional negara Colombia

Cattleya trianae

Cattleya trianae (Lindl & Rchb.f), juga dikenal sebagai "Flor de Mayo" (Bunga bulan Mei) atau "Christmas orchid" adalah jenis anggrek yang tumbuh epifit dan merupakan tumbuhan endemik di negara Colombia.

Anggrek ini dinobatkan sebagai bunga nasional negara Colombia pada bulan November 1936. Pada tahun itu "National Academy of History of Argentina" meminta negara-negara Amerika Latin unutk berpartisipasi dalam pameran dengan membawa bunga-bunga yang akan mewakili setiap negara. Pemerintah Colombia kemudian menugaskan seorang botanist , Emilio Robdelo untuk menunjuk tanaman berbunga yang paling mewakili negara tersebut. Terpilihlah Cattleya trianae dengan dua alasan utama , yaitu :bibir bunga berwarna kuning, biru dan merah mewakili warna bendera Colombia dan yang kedua species ini memiliki nama yang diberikan oleh ahli botani Colombia yaitu Jeronimo Triana.

Species anggrek ini tumbuh pada ketinggian 1500-2000 m dpl di hutan yang lebat. Saat ini species ini terancam punah karena terjadinya kerusakan di habitatnya.


Foto: www.orchidspecies.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.