Kamis, 27 Oktober 2011

Phalaenopsis fimbriata














Satu lagi anggrek alam cantik nan rupawan yang berbunga di halaman samping rumahku. Phalaenopsis fimbriata. Ini untuk ke 2 kalinya ia berbunga. Tangkai-tangkai bunga muncul dengan lebat dari sisi batang yang tertutup daunnya yang hijau mengkilat, mengeluarkan 1 - 3 bunga di setiap tangkainya.

Ada kisah unik dibalik koleksiku yang satu ini. Saat kubeli, anggrek ini sedang tidak berbunga. Penjual anggrek mengatakan kalau tanaman anggrek yang kubeli adalah Phalaenopsis tertaspis, sambil menunjukkan gambar bunganya. Aku percaya saja, karena sebelumnya aku memang belum pernah melihat sosok tetraspis.

Kurawat ia dengan senang hati. Tiap pagi, seperti biasa tak lupa kusapa anggrek-anggrekku sambil menyiram dan memberinya pupuk organik. Tentu saja dalam hatiku berharap suatu saat mereka akan memunculkan bunganya. Meski demikian, jangankan memunculkan bunga, pertumbuhan tunas daun yang membesar dan bertambah panjangnya akar-akar mereka telah membuat hatiku berbunga-bunga. Itu tandanya mereka betah dan suka dengan perlakuanku. Hingga suatu hari tanaman ini mulai memunculkan tangkai-tangkai bunganya. Setelah mekar, kulihat bunganya berbeda dengan bunga Phal.tetraspis. Dari literatur yang kubaca, tahulah aku bahwa tanaman ini adalah Phalaenopsis fimbriata.

Bunga Phalaenopsis fimbriata berwarna putih kehijauan, tipis, transparan dan bergelombang. Ciri khasnya adalah garis-garis horisontal tipis berwarna merah muda disekitar bibirnya yang juga bergelombang dengan bulu-bulu halus diujung bibir. Bunganya relatif kecil dibandingkan Phal. amabilis, hanya sekitar 2 - 4cm saja. Bunga khas anggrek alam, berwarna lembut dengan bentuk dan ciri yang unik, yang membedakannya dengan species yang lain.

Foto : Kiri : Dokumentasi pribadi
Kanan : www.orchidspecies.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.