Senin, 24 Oktober 2011

Phalaenopsis violaceae














Cantik sekali bunga anggrek ini. Bunga menyerupai bintang berwarna merah muda yang lembut dengan gradasi merah muda yang lebih gelap dikedua sisi kelopak/sepal nya. Warna kuning dan putih tak mau kalah menghiasi bibirnya yang memanjang. Seperti warnanya yang indah, anggrek ini juga memiliki nama yang indah ; Phalaenopsis violaceae , mungkin merujuk pada warna merah mudanya yang keunguan.

Phalaenopsis violaceae yang berbunga di halaman samping rumahku ini, adalah varietas mentawai. Ini terlihat dari warna merah mudanya yang lembut dengan gradasi lebih tua di sepal kiri dan kanan, berbeda dengan varitas lainnya yang warnanya cenderung lebih tua dan homogen.

Tak hanya cantik, anggrek yang bunganya tahan selama kurang lebih 3 minggu ini, termasuk salah satu anggrek yang sangat harum. Wanginya sangat kuat, terutama pada pagi hari. Bunganya akan muncul satu persatu,meski kadangkala 1-3 bunga dapat muncul secara bersamaan. Selama kupelihara setahun terakhir anggrek ini telah 2 kali mempersembahkan bunga cantiknya kehadapanku.

Foto: kiri : Dokumentasi pribadi
Kanan: www.orchidspecies.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.