Senin, 24 Oktober 2011

Anggrek, bunga nasional negara Panama

Peristeria elata

Republik Panama adalah sebuah negara yang terletak di Amerika Tegah, berbatasan dengan Laut Karibia dan Samudra Pasifik. antara Colombia dan Costarica. Lokasi yang terletak di ujung timur tanah genting membentuk sebuah jembatan tanag strategis yang menghubungkan Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Pada tahun 1999 Panama menguasai terusan Panama yang menghubungkan Samudra Atlantik utara melalui Laut Karibia dengan Samudra Pasifik utara.
Letak Panama yang berada di daerah tropis menyebabkannya memiliki keanekaragaman flora. Salah satu diantaranya yang terdapat melimpah di hutan pegunungan yang sanagat lembab adalah species anggrek Peristeria elata. Meski demikian anggrek ini terancam kepunahannya karena perburuan besar-besaran di habitatnya. Hal inilah yang menyebabkan LSM Panama APROVACA menjalankan program untuk menyelamatkannya dari kepunahan.

Anggrek ini termasuk dalam daftar tanaman yang terancam punah menurut perjanjian Washington pada Perdagangan Internasional Species Langka Flora dan Fauna Liar. Sejak tahun 1980 anggrek ini dijadikan sebagai bunga nasional negara Republik Panama.

Foto : www. orchidspecies.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.