Jumat, 21 Oktober 2011

Pesona Anggrek


Siapa yang tak kenal dengan anggrek ? Salah satu tanaman yang berbunga sangat indah. Melihat bunga anggrek yang sedang mekar , tak seorang pun yang mampu menahan pesonanya. Keindahan sempurna buah karya Sang Maha Pencipta. Tak ada mata yang mampu menolak untuk sekedar menikmati pesona keindahannya. Meski sekejap, ia mampu memberikan kesejukan dan kenyamanan. Bagi mereka yang jatuh cinta padanya bahkan tak pernah bosan memandang dan menikmati keindahannya. Tanpa terasa tergeraklah hati untuk memiliki dan merawatnya agar keindahannya dapat dinikmati setiap saat berbunga tiba.

Anggrek memang memiliki pesona yang begitu kuat. Bukan hanya karena keindahannya, tapi begitu banyak hal menakjubkan yang dimiliki tanaman tersebut. Tananman anggrek merupakan tanaman berbunga yang memiliki jenis terbanyak. Di alam tidak kurang 25.000 jenis anggrek yang telah teridentifikasi. Dari anggrek-anggrek alam inilah kemudian lahir silangan silangan anggrek yang hingga kini telah mencapai lebih dari 100.000 jenis silangan. Angka ini akan terus bertambah sejalan dengan lahirnya silangan silangan baru yang terus dilakukan para pembudidaya anggrek. Tak heran beragam bentuk dan warna anggrek silangan ini membuat tanaman ini semakin mempesona.

Pesona anggrek juga dapat terlihat dari cara hidupnya. Sebagian besar anggrek hidup menempel pada tanaman lain (efifit). Kendati demikian , anggrek tidak pernah merugikan tanaman inang yang menjadi tempat hidupnya. Bahkan tanaman inang ini akan ikut menjadi cantik ketika anggrek yang menempel di batangnya mulai bermekaran. Anggrek dapat ditemui di semua tempat di muka bumi ini. Ada anggrek yang hidup di dataran rendah, dataran tinggi, pantai, rawa, gunung bahkan di dalam tanah dan di kutub utara sekali pun. Anggrek juga bukan tanaman yang rewel. Di alam, ia bahkan bisa hidup hanya dengan mengambil makanan dari udara dan uap air di sekitarnya. Ia pun akan terus bertahan hidup dan berusaha menyesuaikan dirinya dengan habitat/tempat tinggal yang baru. Ketika ia sudah dapat menyesuaikan diri, maka bunga-bunganya akan senantiasa bermekaran menghiasi tempat tinggalnya yang baru. Suatu kehidupan yang tegar, bersahaja, dan memberikan keindahan dimanapun berada.

Bentuk dan warna bunga anggrek juga menakjubkan. Ada bunga anggrek yang bentuknya menyerupai bintang, ada pula yang menyerupai boneka atau badut, menyerupai serangga, menyerupai kipas, berumbai-rumbai, bahkan ada yang menyerupai sepasang penari yang tengah beraksi. Perpaduan warna yang ada pada bunga anggrek pun tak kalah mempesona. Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) yang berwarna putih bisa sangat mempesona karena putihnya yang bersih dan lembut berpadu dengan warna kuning dibibirnya yang menghasilkan nuansa lembut dan menenangkan.

Manfaat anggrek pun sangat banyak. Salah satu jenis anggrek telah digunakan dalam dunia pengobatan di Cina beribu tahun yang lalu. Sebagian anggrek memiliki aroma yang khas. Ada yang beraroma lembut, sangat kuat, menyegarkan dan menentramkan. karenanya anggrek juga dapat dimanfaatkan untuk membuat parfum, sabun mandi dan bahan aroma therapy. Anggrek juga dimanfaatkan sebagai campuran untuk memberikan aroma pada makanan. Tahukah anda bahwa vanilli yang biasa kita gunakan untuk memberikan aroma pada berbagai sajian kue, ice cream, dan panganan lain adalah termasuk salah satu jenis tanaman anggrek?

Begitu mempesonanya tanaman anggrek. Dan seribukali lebih mempesona Yang Menciptakannya. Semoga kita dapat mengambil pelajaran dari setiap hal yang kita jumpai di alam ini. (Wallahu' alam bisshowab)
(Foto: dokumentasi pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.