Kamis, 27 Oktober 2011

Bulbophyllum auratum














Bunga anggrek ini sangat cantik dan unik. Satu tangkai terdiri dari 7 -9 bunga kecil yang berjejer rapi membentuk setengah lingkaran menyerupai kipas. Ya, Bulbophyllum auratum namanya. Anggrek dari genus terbesar keluarga anggrek yang terkenal memiliki bentuk tanaman dan bentuk bunga yang sangat unik.

Meskipun bunganya menyerupai kipas, tapi aku memberi julukan khusus buatnya, "Si anggrek kembang goyang". Bunganya itu lho, mengingatkan aku pada hiasan menyerupai bunga diatas kepala pengantin wanita jawa yang selalu bergoyang-gayang. Nah "Si kembang goyang " ini juga selalu bergoyang-goyang jika angin bertiup semilir.

Anggrek ini sebenarnya cukup mudah perawatannya. Hanya saja ia kurang suka ditempatkan di tempat yang panas. Tempatkan ia ditempat yang teduh dan semilir, tunggu sampai ia betah dan memunculkan tunas-tunas baru. Kalau sudah betah, jangan dipindah-pindah. Sesekai sirami ia dengan air vetsin dan air bekas cucian beras. Kalau sudah betah, tak perlu menunggu musim, ia akan selalu memunculkan bunganya dengan senang hati.

Foto: kiri : Dokumentasi pribadi
Kanan: www.orchidspecies.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.