Jumat, 28 Oktober 2011

Dendrobium phalaenopsis














Dendrobium phalaenopsis. Di Indonesia anggrek ini termasuk cukup familier, seperti halnya anggrek bulan. Kadangkala orang menyebutnya "anggrek Larat". Larat adalah sebuah tempat di daerah Maluku tempat anggrek ini biasa ditemukan. Sayang kabarnya anggrek ini sekarang justru sudah mulai sulit dijumpai di daerah asalnya tersebut.

Bunga anggrek ini berwarna merah muda. Tangkai bunganya muncul tegak dari ujung atau ketiak daun dengan membawa 2 sampai 20 kuntum bunga di setiap tangkainya. Ia juga termasuk anggrek yang memiliki ketahanan bunga yang cukup lama mencapai sekitar 1 bulan. Karena itu , tak heran jika anggrek ini banyak dijadikan cikal bakal indukan dendrobium silangan/hybrid.

Seperti kebanyakan anggrek alam, anggrek ini pun cukup mudah dipelihara. Cukup ditempelkan pada sebatang lempengan pakis atau sabut kelapa, diikat di pohon, atau ditanam di pot plastik atau tanah liat. Siram setiap hari atau saat media tanamnya hampir kering. Sesekali dapat juga disiram dengan sedikit air cucian beras, air kelapa, air bekas cucian daging dan air vetsin/MSG. Nah tinggal tunggu musim berbunga..

Foto: kiri : Dokumentasi pribadi
Kanan : www.orhidspecies.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi semua pembaca silakan memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan blog ini. Terimakasih.